18 May 2021, 06:01Psikologi

Apa sebab menangis dan tertawa sendiri?

UM
Info Penanya: UM0
Dok, usia saya 20th. Untuk waktu tertentu terkadang saya sering sedih berlebihan sampai menangis berjam jam setelah itu saya bisa tertawa tawa seperti tak terjadi apa-apa, hal tsb juga terjadi saat malam hari yg menyebabkan saya mengalami insomnia berkepanjangan. Saya khawatir akan masa depan, orangtua yg mulai menua, adik yg mengalami gangguan mental dan pasangan yg terus berbohong. Ini sudah saya alami sekitar sebulan terakhir. Apakah saya harus menemui psikiater?
340 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo U,Stress dapat terjadi karena rasa takut, kawatir berlebihan, trauma, banyak pikiran atau konsentrasi terganggu, punya masalah keuangan, hingga permasalahan dengan orang disekitar kita. Menangis adalah wujud jadi pelampiasan emosi sedih yang mungkin terjadi karena mental Anda sudah mulai terkuras sedangkan tertawa dapat terjadi sebagai kompensasi dari perasaan sedih yang tiba-tiba terlupakan.Stres memang dapat menyebabkan gangguan tidur, adanya khawatir akan masa depan, kawatir akan orangtua yangg mulai menua dan mungkin Anda takut sewaktu-waktu mereka dapat meninggalkan Anda atau Anda belum sempat membahagiakan mereka, merupakan beban yang sehari-hari Anda tanggung sehingga akhirnya terjadi semua gangguan diatas. Gangguan terjadi ketika seseorang tidak dapat mengatasi stressor  dan hal ini dapat membuat kita terus berlarut-larut di dalamnya.

Mengatasi stres

Jika terus berlangsung, bukan tidak mungkin Anda akan mulai merasakan gejala sakit kepala, mual, asam lambung meningkat, tekanan darah meningkat, hingga keluhan fisik lainnya. Cara untuk keluar dari kondisi stress ini berbeda pada setiap orang, tips untuk mengurangi stres adalah ubah cara pandang, fokus membangun masa depan yang lebih baik, hindari pikiran buruk yang belum tentu terjadi dan lakukan konsultasi pada psikolog atau dokter psikiatri agar pikiran dapat lebih terbuka.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan mentalmasalah kejiwaanstres
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil