05 Feb 2021, 19:37Kulit & Kelamin

Testis naik sebelah apa wajar?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 17 Tahun
Dok, permisi saya mau tanya testis saya yang sebelah kiri keatas sebelah jadi tidak sama dengan yang kanan jadi sekilas cuman ada 1 tapi kalo diraba yang sebelah kiri atas ada. Apakah itu normal? Dan apakah saya bisa menghasilkan keturunan??
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi PS,Testis adalah salah satu bagian vital pada pria karena organ ini berfungsi untuk menghasilkan sperma yang tentunya penting untuk berlangsungnya suatu kehamilan. Sering menjadi kebingungan kenapa testis tidak sama simetris antara sisi kanan dan kiri.Perlu Anda ketahui bahwa normalnya ukuran testis memang tidak sama besar antara sisi kanan dan sisi kiri serta posisinya memang salah satu testis terletak lebih tinggi dibanding dengan testis sebelahnya. Sehingga yang Anda alami wajar saja terjadi. Namun bila testis Anda terasa nyeri atau bengkak maka baru dikatakan tidak normal.

Beberapa penyakit pada testis yang sering muncul:

  • Torsio testis. Hal ini terjadi akibat testis terpluntir sehingga terasa nyeri hebat dan mendadak.
  • Orchitis. Peradangan pada testis sehingga testis akan terasa nyeri, hangat ketika diraba dan tampak kemerahan.
  • Hidrokel.
  • Varikokel.
Yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ vital Anda adalah biasanya untuk menjaga kebersihannya dengan baik, rutin mengganti celana dalam serta tidak berganti-ganti pasangan seksual. Bila Anda merasa ada masalah pada organ vital Anda, maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikannya.Salam sehat,dr. Vina
hidrokelvarikokel
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil