Memakai kondom saat berhubungan, bisakah terkena penyakit menular seksual?

HF Info Penanya: HF, Pria, 30 Tahun
Malam dok, maaf mau tanya, saya aktif berhubungan seksual dengan beberapa wanita, namun selalu saya pastikan menggunakan kondom saat berhubungan, namun akhir-akhir ini mr.p mengeluarkan cairan bening dan kadang kekuninganSejauh ini saya sangat menjaga kebersihan mr.p namun agak janggal menurut sayaTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HF.

Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi yang praktis untuk mencegah kehamilan. Selain itu, kondom juga dapat mencegah penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, trakomatis, herpes genital, maupun HIV. Kondom cukup efektif untuk mencegah penyakit menular seksual dengan efektivitas sekitar 80-90%. 

Jadi, perlu diketahui, masih ada kemungkinan 10-20% seseorang terkena penyakit menular seksual walau sudah menggunakan kondom. Beberapa hal yang juga dapat mengurangi efektivitas kondom adalah:

  • Kondom terpapar suhu panas dalam waktu yang cukup lama
  • Cara pemakaian kondom yang salah
  • Sobek atau tergores saat menggunakan
  • Ukuran kondom yang tidak sesuai

Oleh karena itu, apabila setelah berhubungan gonta-ganti pasangan Anda mengalami keluarnya cairan dari penis, masih ada kemungkinan Anda terkena penyakit menular seksual, walaupun kecil.

Jadi, untuk sementara, hindari dulu berhubungan dengan banyak orang dan setialah dengan satu pasangan saja. Selain itu, jaga kebersihan penis, serta pastikan kondisinya tidak lembab. Gunakan celana dalam berbahan menyerap keringat dan tidak terlalu ketat, ya. 

Apabila keluhan tak kunjung membaik, atau disertai dengan gatal, panas, atau nyeri buang air kecil, segera periksakan kepada dokter spesialis kulit dan kelamin. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh HF
04 Aug 2020, 12:32
kondisi ini kedua kalinya saya mengalami, untuk yang pertama kali, saya melakukan check darah, apakah terkena sipilis atau sjenisnya,, dan hasilnya semua negatifdan saya diberikan cefspan 200mg & 1 obat lagi lupa (single dose), dan cairan tersebut berhenti.Kira" diagnosa yang tepat untuk penyakit ini, kira" apa ya dok?Terimakasih
Dibalas oleh HF
04 Aug 2020, 12:33
terimakasih untuk tanggapannya dokter Sylvia, saya harap bisa menemukan diagnosa yg tepat dg data yg saua berikan, terimakasih sekali lagi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
05 Aug 2020, 07:38
Selamat pagi HF,
Diagnosis pasti tidak bisa di tegakan dengan keluhan saja. Diagnosis ditegakan berdasarkan dari anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang seperti cek darah, cek laboratorium, dll. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, bisa saja Anda mengalami penyakit menular seksual seperti gonorhea, sifilis, klamidia, atau hanya infeksi saluran kemih. Saran saya sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kulit kelamin untuk memastikannya.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.