07 Mar 2021, 16:34Kandungan

Apa yang menyebabkan sering merasa lelah saat hamil 5 bulan ?

JJ
Info Penanya: JJ0
Sore dok saya mau bertanya saya skrng sednag hamil 5 bulan diusia saya 17 tahun tapi saya sering merasa lelah dan hampir pingsan saat berdiri terlalu lama apakah ada pengaruh nya dengan usia saya atau ada penyebeb lain dok?
249 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, J.Usia saat hamil yang terlalu muda membuat ibu hamil belum siap secara mental maupun fisik terlebih kehamilan bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani. Kehamilan perlu dukungan penuh suami dan keluarga untuk kesehatan ibu serta janin termasuk ibu hamil yang merasa bahagia akan menjalani kehamilan dengan semangat pula.

Apa yang menyebabkan sering merasa lelah saat hamil 5 bulan ?

Kehamilan merupakan perubahan hormon dan bentuk tubuh dimana kebutuhan menjadi meningkat untuk perkembangan janin termasuk zat besi. Asupan makanan ibu hamil yang kurang, muntah terus menerus, tidak mengkonsumsi vitamin zat besi selama hamil membuat ibu hamil terkena anemia. Anemia dapat menyebabkan perdarahan saat persalinan, berat badan janin kurang, perkembangan janin menjadi terhambat sehingga harus dicegah dan diatasi dengan baik.Salah satu keluhan anemia pada ibu hamil yang dapat dirasakan antara lain rasa mual bertambah hebat, lelah sepanjang hari, muka terutama kelopak mata dan kuku pucat, rambut rontok, rasa ingin pingsan. Selain karena anemia keluhan rasa ingin pingsan saat Anda berdiri terlalu lama disebabkan oleh gejala vertigo dan hipotensi ortostatik. Hal ini dapat dicegah dengan pelan-pelan saat berpindah posisi dan duduk terlebih dahulu saat berdiri.Selama hamil Anda sebaiknya rutin kontrol kesehatan baik fisik maupun perkembangan janin melalui pemeriksaan di dokter spesialis kandungan. Jangan lupa untuk minum suplemen vitamin minimal 90 tablet zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin lainnya. Terus konsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, istirahat dan olahraga termasuk senam hamil serta senam kegel.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
menjaga kehamilananemia defisiensi besianemia defisiensi vitamin b12 dan folat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil