Gigi taring anak tanggal di usia 10 tahun, apa bisa tumbuh lagi?

SW Info Penanya: SW
Selamat malam dokter, saya mau tanya Dok!gigi taring rahang bawah anak saya tanggal karena kena desakan dari gigi yg tumbuh di belakangnya, anak saya berusia 10 th apakah masih bisa tumbuh lagi ya dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SW.

Pada usia dewasa, ketika gigi sudah tumbuh semua, manusia akan memiliki total 32 gigi. Gigi tersebut berfungsi untuk mengoyak dan mengunyah makanan menjadi lebih halus, sehingga ketika makanan masuk ke saluran pencernaan, zat gizinya akan lebih mudah tercerna. 

Saat masih di dalam kandungan, benih-benih gigi mulai terbentuk. Benih tersebut akan keluar satu per satu dalam bentuk gigi susu ketika masa bayi sampai rata-rata usia enam tahun. Setelah itu, satu demi satu gigi susu tanggal, dan digantikan oleh gigi yang baru yaitu gigi permanen.

Terkait pertanyaan Anda, apabila gigi taring tanggal saat anak berusia 10 tahun, maka kemungkinan besar itu sudah gigi permanen, ya. Apabila yang tanggal adalah gigi permanen, maka tidak akan tumbuh gigi pengganti. Namun, untuk mengetahui secara pasti, sebaiknya Anda memeriksakan anak ke dokter gigi, sekaligus untuk merapikan gigi yang tidak teratur dan berpotensi mendesak gigi lainnya.

Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak menggosok gigi secara teratur dengan cara yang benar, agar sisa makanan tidak tertinggal di gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda ya.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rutin menyikat gigi bayi dapat membuatnya terbiasa sejak dini

Tips Memilih Sikat Gigi Bayi yang Wajib Diketahui Orangtua

Ketika gigi si Kecil mulai tampak, orang tua mungkin mulai berpikir untuk menyikat giginya agar terhindar dari kuman. Namun, dalam memilih sikat gigi bayi tentu tidak boleh dilakukan sembarangan.