Kesehatan gigi dengan berat badan, adakah hubungannya?

NS Info Penanya: NS, Pria, 32 Tahun
Apakah benar kesehatan gigi dapat membuat berat badan meningkat? Karena kalau saya medical check up (dari perusahaan) selalu ada kelainan pada gigi saya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak NS,

Mulut adalah bagian pertama dari alat Pencernaan makanan dalam tubuh manusia, dan berfungsi dalam proses pengahancuran zat makanan, yang berlangsung sampai ke lambung.

Fungsi penghancuran makanan dalam mulut,  merupakan proses bersama dari gigi geligi, lidah dan  kelenjar ludah. Proses ini dinamakan Proses Mekanik yaitu dipecahnya makanan dari bentuk asli menjadi bentuk yang lebih kecil yang dipersiapkan untuk proses pencernaan selanjutnya.

Bila terdapat penyakit pada gigi dan mulut, seperti gigi berlubang, infeksi gusi, abses gusi, gigi ngilu, sumbatan dan infeksi pada kelenjar ludah, dll maka otomatis proses penghancuran makanan dalam mulut menjadi terhambat. Makanan tidak dapat dikunyah dengan baik dan tidak dipecah dengan sempurna.

Makanan yang tidak dipecah secara sempurna ini, menyebabkan sari makanan dan nutrisi yang diserap oleh tubuh juga menjadi tidak sempurna sehingga kebutuhan tubuh akan nutrisi menjadi tidak terpenuhi.

Hal ini bila berlangsung dalam waktu lama dan terus menerus, menyebabkan tubuh kurang asupan nutrisi dan gizi sehingga  Berat Badan ideal tidak tercapai.

Saran kami, sebaiknya segera mengunjungi Dokter Gigi terdekat di Kota Bapak untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang kondisi gigi Bapak saat ini, bila telah ada hasil dari Medical Check Up supaya dibawa juga sebagai gambaran dan informasi kepada Dokter Gigi.

Demikian informasi dari kami, semoga dapat membantu Bapak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berat badan ideal bayi yang baru lahir berkisar di antara 2.500 gram sampai 4.000 gram

8 Faktor yang Memengaruhi Berat Badan Lahir Bayi

Berat badan ideal bayi yang baru lahir berkisar di antara 2.500 gram sampai 4.000 gram. Beberapa faktor seperti usia kehamilan saat persalinan hingga jenis kelamin bayi menjadi faktor berapa berat badan bayi.