17 Nov 2020, 07:32Perut

Bayi tidak BAB, apa yang perlu diwaspadai?

SB
Info Penanya: SB0
Selamat pagi dok.. Dok maaf saya mau nanya,anak saya umur 52 hari tapi sudah 4 hari belum juga BAB dok cuma buang angin terus dok tapi kalo pipis lancar dok ,saya sangat kawatir dok apakah normal dok? Mohon jawabanya dok Trimakasih dok sebelum dan sesudahnya.
199 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, NTerima kasih atas pertanyaan AndaBuang air besar atau BAB pada bayi bisa digunakan sebaagai acuan kondisi kesehatan  saluran pencernaan pada bayi. Hal ini dikarenakana konsistensi tinja, warna tinja, bahkan frekuensi BAB bisa menandakan keadaan pencernaan bayi Anda. Bayi yang mengonsumsi ASI eksklusif umumnya lebih jarang BAB daripada bayi yang menggunakan susu formula. Hal ini diakrenakan nutrisi dan gizi yang terdapat pada ASI diserap seluruhnya oleh tubuh bayi sehingga hanya ada sedikit sisa yang tdiak digunakan dan menjadi tinja.Pada awal kelahiran bayi bisa sering BAB karena penyesuaian saluran cerna dengan ASI. Namun pada usia 1-2 bulan, bayi mulai jarang BAB beberapa hari sekali atau bahkan seminggu sekali masih diaktakatan wajar. Karena kondisi yang disampaikan di atas. Sedangkan pada bayi yang mengonsumsi susu formula umumnya akan lebih sering BAB. Jika bayi menggunakan susu formula namun tidak BAB, maka perlu diwaspadai dan sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat.

Kondisi yang perlu diwaspadai saat bayi tidak BAB baik bayi dengan ASI ataupun dengan susu formula adalah:

  • Perut bayi kembung
  • Perut teraba keras
  • Bayi rewel
  • Keinganan untuk menyusu turun atau bahkan tidak mau menyusu
  • Bayi kesakitan saat BAB
Bila kondisi yang disebutkan diatas muncul, atau dalam waktu lebih dari 7 hari belum BAB segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat,  dr. Dwiana A 
bayi & menyusuikesehatan anakbayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil