28 Jun 2021, 21:53Psikologi

Apakah nyeri dada bisa karena faktor psikologis?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok, saya mau sharing sedikit. Sya tipikal orang yg cenderung memendam perasaan sendiri, tidak mau sharing ke orang lain tentang masalah yg saya hadapi. Situasi dimana saya merasakan kesedihan, kekecewaan. saya tiba" merasakan sakit didada sebelah kiri sering juga diiringi dengan nyeri di bagian telapak tangan dan kaki. Dan itu sering terjadi ketika saya merasakan kesedihan. Saya jg bbrp saat lalu mengikuti seminar cara mengelola emosi. Hal yg saya alami itu apakah ada hubungannya dng kesehatan?
267 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, DR               Terima kasih atas pertanyaannya.Rasa nyeri dada merupakan kondisi saat dada terasa seperti ada yang menekan atau tertusuk-tusuk.  Kondisi ini dapat terjadi karena faktor kelelahan hingga penyakit mendasari. 

Penyebab nyeri dada :

  • Infeksi saluran napas bila disertai dengan sesak napas, batuk, flu, nyeri telan.
  • Asam lambung yang naik dengan rasa seperti penuh di perut, dada panas, sesak napas.
  • Gangguan di jantung.
  • Peradangan pada paru.
  • Faktor psikologis seperti cemas, stres, depresi, gangguan psikotik lainnya.
Bila keluhan baru muncul saat emosi yang tidak stabil maka memang keluhan dicetuskan akibat psikologis sehingga diperlukan untuk mengendalikan emosi anda yang terlalu lama dipendam.  Cara yang sudah dilakukan dengan mengikuti seminar sudah baik namun tidak hanya diikuti juga diterapkan agar tidak menimbulkan atau memicu adanya gangguan kesehatan tubuh. 

Beberapa cara tambahan untuk mengeluarkan emosi dengan baik :

  • Berbicara dan bersosialisasi dengan orang yang dirasa terpercaya. Dengan mengeluarkan apa yang dirasakan, membantu mengeluarkan emosi sehingga emosi ini tidak menumpuk yang berisiko menimbulkan energi dan pikiran negatif.
  • Buat pikiran ini positif dengan cara melakukan aktivitas yang menyenangkan. Seperti membantu orang tua, ikut kegiatan sosial, mengikuti kelas yang mengembangkan potensi diri. 
  • Buang emosi yang menumpuk dengan cara olahraga.  Pilih olahraga yang santai tetapi mengeluarkan keringat misalnya seperti pilates, yoga, ataupun Zumba karena selain meningkatkan daya tahan tubuh juga menjaga kesehatan mental. 
Bila anda merasa tidak memiliki orang yang dapat dipercaya, tidak ada salahnya untuk coba bertukar pikiran dengan psikolog.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
masalah kejiwaannyeri dadagangguan psikologispsikoterapi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil