29 Jun 2021, 05:58Penyakit Lainnya

Apa penyebab tenggorokan terasa mengganjal?

EA
Info Penanya: EA0
Selamat pagi dok. Kerongkongan saya terasa ada yang mengganjal dan sakit saat bangun pagi dok. Badan tidak deman dan baik baik saja, semalam pun masih baik baik saja. Kira kira kenapa ya dok?
95 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ETerima kasih atas pertanyaan AndaTenggorokan terasa mengganjal bisa menyebaban rasa yang tidak nyaman padas seseorang. Keluhan tenggorokan yang menganjal ini bisa disertai dengan batuk, bersin-bersihn, nyeri menelan, dan atau tanpa disertai dengan keluhan yang lain.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab tenggorokan terasa mengganjal:

  • Radang tenggorokan (faringitis)
  • Infeksi saluran napas, seperti pada influnza
  • Radang amandel atau tonsilitis
  • GERD, yaitu keadaan ketika naiknya kembali asam lambung ke kerongkongan. Gejala dari GERD diataranya adalah tenggorkan terasa mengganjal, mulut terasa asam atau bahkan pahit, mual, bersendawa, rasa panas terbakar di dada, nyeri ulu hati, kembung dan lian sebagainya
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda saat ini, beberapa kemungkinan penyebab dari keluhan tenggorokan terasa mengganjal bisa disebabkan oleh kondisi di atas. Usahakan Anda konsumsi makanan bergizi, hindari kelelahan, hindari konsumsi makanan yang bisa memicu peningkatan asam lambung, atasi stres, hindari kecemasan, hindari konsumsi kopi atau kafein, dan berusaha makan tepat waktu atau tidak menunda makan. Apabila masih belum membaik dan atau disertai dengan gejala penyerta lain sebaiknya periksa ke dokter terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiama A
pencernaangerdfaringitistonsilitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil