Kerja di kantor sebagai admin, dada kiri sering sakit durasinya singkat, solusinya apa?

A Info Penanya: A, Wanita, 19 Tahun
Hallo dok, saya ingin bertanya, Saya bekerja sebagai staf admin di sebuah kantor, akhir² ini dada kiri saya sering sakit tiba² seperti kram otot, hanya durasinya singkat, kisaran 30dtk sampai 1 menit, lalu setelah itu normal kembali, dan nyeri ini bisa terasa berulang kali dalam sehari, bahkan saya hendak tidur di waktu malampun dada kiri saya tiba² nyeri, terkadang juga sampai ke bahu belakang rasa nyerinya, mohon bantuannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri dada yang berlangsung singkat dan hilang timbul kemungkinan bukan berasal dari jantung. Biasanya nyeri tersebut bersifat lokal atau berasal dari organ lain. Apakah ada keluhan lain seperti mual atau muntah, batuk atau sesak? Bila tidak ada penyebab yang paling sering adalah dari saraf dan otot dada anda. Terutama bila anda melakukan aktivitas berulang pada posisi sama. Selain bekerja di depan komputer apakah anda membawa kendaraan dalam waktu lama, atau menggunakan transportasi umum dimana posisi anda banyak berdiri? Hal itu juga bisa mengakibatkan otot menjadi tegang dan nyeri. Anda bisa mengurangi gejala dengan menggunakan salep anti nyeri atau obat nyeri yang dijual bebas bila diperlukan. 

Kegiatan yang bisa membantu mencegahnya adalah olahraga dan relaksasi. Perenggangan otot setelah pulang kerja juga bisa membantu. Women usually prefers yoga, saat pulang kerja atau saat akhir pekan. Faktor stres dan sedang banyak tekanan juga bisa mengakibatkan nyeri. Terutama di dada dan ulu hati anda. Bila anda masih khawatir, bisa konsultasi dengan Dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada otot dapat membahayakan jantung dan sistem pernapasan

9 Jenis Distrofi Otot, Kelainan pada Otot yang Bisa Memicu Kelumpuhan

Distrofi otot adalah kelainan yang dapat menyebabkan kelemahan dan berkurangnya massa otot. Selain mengganggu pergerakan, adanya gangguan pada otot juga dapat membahayakan jantung dan sistem pernapasan jika tidak ditangani secara cepat.