Keringatan saat tidur, apa penyebabnya?

JN Info Penanya: JN, Pria, 24 Tahun
Apa sehat setiap subuh selalu keringatan saat tidur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JN

Keringat di malam hari saat tidur merupakan gejala yang umum dan bisa terjadi pada beberapa kondisi klinis. Yang paling sering akibat gangguan di kelenjar tiroid yang terletak di leher. Fungsinya adalah mengatur cara tubuh menggunakan energi. Ketika hormonnya terlalu banyak maka metabolisme meningkat, mengakibatkan keluar keringat, lapar, jantung berdebar-debar dan penurunan berat badan. Untuk memastikannya Anda perlu melakukan pemeriksaan laboratorium.

Kadar gula darah yang rendah, terutama pada penderita diabetes tipe 1. Pada saat bangun tidur tubuh terasa panas, atau keluar keringat dingin. Sehingga dianjurkan untuk makan camilan sebelum tidur bagi penderita diabetes. Infeksi juga bisa mengakibatkan Anda berkeringat di malam hari terutama infeksi kronis seperti tuberkulosis.

Pada Anda yang mengalami gangguan psikis seperti stres. Tubuh akan mengeluarkan keringat dari kelenjar keringat di ketiak, lipat paha dan kulit kepala. Sehingga Anda perlu mencari kegiatan untuk relaksasi dan mengurangi stres terutama sebelum tidur seperti meditasi, yoga atau latihan napas. Selain itu Anda perlu hidup sehat mengurangi kafein, stop merokok dan minuman keras.

Sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Berbagai Penyebab Keringat Dingin, Waspadai yang Berbahaya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.