Kenapa muncul keringat dingin?

N Info Penanya: N
Halo Doc, maaf mau tanya,, klo gejala keringat dingin hampir basah sekujur badan+ga lama muntah air banyak+ didada atau ulu hati tdk ada keluhan sakit apapun, tp badan lemas dan dingin gt,, sedangkan Alhamdulillah beliau tdk ada riwayat penyakit jantung dr keluarganya dan tdk ada riwayat sakit sprt kolesterol, gula gt,, nafasnya pun normal tdk tersenggal-senggal/sesak,,Kira2 gejala apa ya Dok?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NN,

Masuk angin adalah kondisi yang sering digambarkan bila seseorang sedang tidak enak badan. Biasanya keluhan yang muncul berupa keringat dingin, muntah-muntah, hingga lemas. Namun dalam dunia media tidak ada istilah penyakit masuk angin, yang ada adalah gangguan lambung, serangan jantung, daya tahan tubuh menurun, dll.

Perihal kondisi yang Anda alami mungkin bisa disebabkan oleh terlambat makan, sehingga kadar gula akan rendah dan membuat keringat dingin, selain itu perut yang tidak diisi makanan juga akan menyebabkan iritasi pada lambung sehingga timbul keluhan mual muntah. Bila muntah dalam jumlah banyak yang kondisinya cairan saja, artinya tidak ada makanan yang dimuntahkan dan hal tersebut akan menyebabkan dehidrasi, sehingga wajar bila tubuh terasa sangat lemas.

Bila keluhan-keluhan tersebut terjadi pada orang tua, maka perlu lebih diwaspadai karena bisa saja gejala serangan jantung, terlebih bila muncul keluhan nyeri dada seperti ditindih beban berat.

Saat ini yang perlu Anda perhatikan akan kejadian tersebut tidak terulang kembali adalah:

  • Usahakan untuk makan secara tepat waktu. Bila tidak sempat makan, setidaknya makan roti atau minum susu untuk mengisi perut.
  • Hindari makanan pedas, asam, kopi, soda dan santan.
  • Makan dengan porsi kecil namun sering.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Banyak makan sayur, buah, serta protein.
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin agar badan lebih bugar.

Bila keluhan tidak kunjung membaik, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Magnesium karbonat dapat digunakan untuk mengobati dispepsia atau sakit lambung

Seputar Magnesium Karbonat, Obat Lambung Serba Bisa

Magnesium karbonat adalah suplemen sekaligus obat untuk mengatasi rendahnya kadar magnesium dalam darah dan dispepsia. Obat ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak.