24 Nov 2020, 14:14Penyakit Lainnya

Penyebab pandangan buram secara tiba-tiba

AL
Info Penanya: AL, Pria, 20 Tahun
selamat siang dokter, saya mau bertanya. Jadi waktu saya selesai BAB dan ingin memakai celana tiba2 perut saya mual tapi tidak keluar muntah, lalu mata saya rada buram dan akhirnya saya terjatuh di kamar mandi itu, kira2 itu karna darah rendah atau apa ya dok? terimakasih
445 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat siang AL,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Pandangan buram, gelap, disertai keinginan untuk muntah, dan pingsan, sering dialami saat seseorang berpindah posisi yang terlalu cepat, misalnya dari tiduran ke berdiri. Hal ini dapat berbahaya jika gejala tersebut muncul membuat penderita jatuh dengan benturan di kepala.

Penyebab pandangan buram

Ada beberapa penyebab pandangan buram antara lain :
  • Hipotensi ortostatik
Gejala hipotensi ortostatik adalah pandangan yang tiba-tiba menjadi buram, gelap sesaat setelah bangun dari posisi duduk atau berbaring. Penyebab hipotensi ortostatik yaitu, saat posisi tubuh yang tiba-tiba berdiri, akan membuat aliran darah mengikuti grafitasi, turun menuju kaki, hal ini dapat membuat aliran darah ke otak dan ke jantung menjadi berkurang. Di dalam telinga, terdapat cairan, serta rambut-rambut halus, ketika cairan di telinga ini berguncang karena benturan pada kepala atau telinga, kerusakan rambut halus telinga karena penuaan, ini akan menyebabkan gangguan pada telinga. Telinga merupakan salah satu organ keseimbangan. Saat telinga tidak berfungsi dengan baik, maka kesimbangan menjadi tidak stabil akan menyebabkan penderitanya mengalami sempoyongan serta jatuh. Gejala ini juga dapat diikuti mual dan muntah.Saat kondisi gula darah seseorang turun yaitu kurang dari 60 mg/dl, maka oksigen ke otak juga semakin menurun, ini dapat menyebabkan pandangan seseorang menjadi buram.

Hal yang harus dilakukan saat pandangan buram

Beberapa hal yang harus dilakukan saat pandangan buram antara lain :
  • Ubah posisi secara perlahan. Saat posisi dari tiduran ke berdiri, harus duduk terlebih dahulu sampai kondisi tubuh stabil.
  • Tarik nafas panjang
  • Segera mencari pegangan dan bantuan jika Anda merasa akan pingsan
  • Cek tensi secara berkala
  • Olahraga yang konsisten agar tubuh menjadi lebih bugar
Jika keluhan yang Anda alami tidak berkurang, maka Anda dapat ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat."Salam sehat.dr. Lidya Hapsari."
hipotensigula darahvertigo
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil