Keringat di telapak tangan dan telapak kaki

OS Info Penanya: OS, Pria, 19 Tahun
Mau tanya dok. Kenapa telapak tangan saya tiba tiba berkeringat padahal cuma duduk santai. Kadang ditelapak kaki juga dok, jadi kalau duduk di atas lantai yang ada keramiknya jadi basah. Kata guru saya itu lemah jantung. Betul atau tidak dok? Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore OS.

Keringat pada telapak tangan atau telapak kaki adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapa penyebab tidak selalu menjadi tanda memiliki lemah jantung. Penyebabnya sendiri bisa beragam seperti produksi keringat berlebih atau hiperhidrosis, faktor psikis seperti merasa tegang, cemas, stres, kekurangan cairan, mengalami rasa sakit yang hebat sehingga bisa memicu timbulnya keringat berlebih.

Untuk itu perlu diperhatikan hal apa yang menjadi pemicunya atau juga bisa diperiksakan pada dokter. Jika penyebabnya adalah produksi keringat berlebih maka bisa diatasi dengan menggunakan antiperspirant, ataupun tindakan medis untuk menghilangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif seperti dengan suntikan botox, perawatan laser atau pembedahan untuk mengangkat kelenjar keringat.

Upayakan agar menggunakan handuk atau mengeringkan tangan jika basah berlebih agar tidak memicu timbulnya risiko gangguan kulit akibat produksi keringat berlebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diaphoresis atau keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan di tubuh

Berbagai Penyebab Keringat Dingin, Waspadai yang Berbahaya

Diaphoresis atau keringat dingin adalah keluarnya keringat yang terjadi secara mendadak meskipun tidak sedang melakukan aktivitas. Keringat dingin merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gangguan kecemasan, rasa sakit dan syok, kekurangan oksigen atau hipoksia, diabetes, hipertiroid, serangan jantung, kanker, reaksi alergi, dan penggunaan obat-obatan.