TANYA DOKTER

Keretakan pada tulang rusuk

Team SehatQ

Dijawab oleh: Tim Dokter Sehatq

Dear Bapak AD,

Gejala yang paling sering dirasakan bila seseorang mengalami patah tulang adalah nyeri hebat, terutama bila bagian tulang yang patah digerakkan, ditekan, atau bahkan disentuh. Pada umumnya Pasien akan merasa tidak dapat menggerakan tubuh pada bagian yang patah tsb.

Khusus untuk patah tulang rusuk maka nyeri akan terasa saat menarik napas dalam, mengehembuskan napas, saat batuk dan mengedan.

Gejala dan Keluhan yang dirasakan oleh seseorang yang mengalami patah tulang rusuk adalah :

  1. Daerah sekitar tulang yang patah akan memar, bengkat dan sakit saat ditekan.
  2. Napas menjadi pendek -pendek dan tidak maksimal, karena nyeri yang ditimbulkan saat bernapas, sehingga lama-kelamaan pasien akan mengalami gangguan pernapasan sampai sesak karena pasokan oksigen yang kurang ke otak dan jaringan tubuh lainnya.
  3. Otak dan tubuh kekurangan oksigen (Asfixia), ditandai dengan wajah menjadi kebiruan dan sesak napas, kaki dan tangan menjadi dingin
  4. Pasien merasakan nyeri hebat seperti tertusuk benda tajam terutama saat menarik napas dalam, batuk dan mengedan.
  5. Sesak napas hebat, dan adanya gejala perdarahan organ dalam seperti paru-paru dan jantung akibat tertusuknya organ ini oleh patahan tulang iga.

Jika dicurigai adanya kerabat atau kenalan yang mengalami patah tulang iga sebaiknya segera menghubungi Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit terdekat yang memiliki Dokter Spesialis Ortopedi, supaya dapat segera ditangani dengan baik. Dan sebaiknya jangan ditunda atau mencoba pengobatan secara alteratif, karena dapat membahayakan jiwa penderita.

 

Salam Sehat

0 Komentar

Diskusi Pengalaman Anda

Kirim
Back to Top