05 Aug 2021, 06:47Perut

Sakit perut setelah berhubungan seksual, kenapa?

YQ
Info Penanya: YQ0
Dok 3 hari yang lalu saya berhubungan dengan suami tetapi mengeluarkan cairan sperma diluar dan dari tigahari ini saya merasakan keram perut yg tidak begitu sakit dan sakit pinggang kira2 itu tanda kehamilan bukan ya ?
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, YTerima kasih atas pertanyaan AndaSakit perut setelah berhubungan seksual bisa terjadi sesaat setelah berhubungan, ataupun selang beberapa hari setelah berhubungan. Keluhan ini bisa dirasakan tanpa gejala penyerta ataupun disertai dengan gejala penyerta seperti rasa sakit saat BAK, kelaur bercak darah dari kemaluan, demam, dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah kondisi yang bisa menyebabkan sakit perut setelah berhubungan seksual:

  • Kondisi psikologis, seperti reaksi emosional setelah berhubungan seksual
  • Kram otot
  • Tindakan penetrasi yang intens atau terlalu dalam
  • Endometriosis
  • Penyakit radang panggul
  • Infeksi saluran kemih
  • Kondis medis lainnya
Apabila keluhan sakit perut setelah berhubungan ini tidak membaik dalam waktu 3 hari dan atau disertai dengan gejala penyerta lain maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Sedangkan, untuk tanda pasti dari kehamilan adalah  hasil positif tes pack (tes kehamilan), hasil pemeriksaan dokter serta hasil USG kandungan. Sehingga, jika Anda curiga terjadi kehamilan, silakan melakukan test pack / tes kehamilan bila siklus haid Anda pada periode berikutnya mengalami keterlambatan.Atasi stres, hindari kelelahan, lakukan olahraga ringan, konsumsi makanan bergizi, minum air cukup, konsumsi sayur dan buah dan berikan kompres hangat untuk membantu meredakan nyeri.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekssekshubungan seksualsakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil