Ketombe pada anak, gejala penyakit apakah itu?

AN* Info Penanya: AN*
Anak saya usia 3 tahun. Sudah sekitar 1 minggu muncul seperti ketombe lebih ke kerak karena kalau digosok itu ngelupas dan lebih tebal dari pada ketombe biasa. Sudah coba pake baby oil dan minyak zaitun untuk coba ngilangin nya tp masih tetap belum hilang dan malah makin nyebar. Dan sebagian ada yang seperti bengkak kemerahan. Apa itu kondisi serius dan harus segera di bawa ke dokter atau masih bisa di obati dengan shampo atau salep khusus ?? Kalau ada apa merk shampo atau salep nya?? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai dengan dengan serpihan kulit kepala yang mengelupas. Gejala dari ketombe itu sendiri yaitu adanya serpihan kulit berwarna putih pada kepala, terasa gatal, dan kulit kepala bersisik. Ada beberapa kondisi medis yang memiliki gejala seperti ketombe, yaitu:

  • Dermatitis seboroik: salah satu jenis dermatitis yang menyerang kulit kepala sehingga menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, bercak-bercak yang menebal dan mengerak dan seringkali timbul peradangan di area bercak-bercak tersebut. Penyebab dari dermatitis seboroik itu sendiri yaitu adanya infeksi jamur, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kondisi psikologis, dll.
  • Psoriasis: kondisi kulit yang meradang secara kronis yang disertai dengan tanda kulit bersisik berwarna keputihan atau keperakan, berkerak, dan merah.
  • Dermatitis kontak: reaksi yang timbul akibat produk perawatan rambut yang tidak cocok sehingga menimbulkan rasa gatal di kepala, kulit kepala menjadi iritasi dan muncul ketombe. 

Untuk memastikan penyakit apa yang dialami oleh anak Anda, sebaiknya saya sarankan untuk Anda membawa anak Anda ke dokter kulit kelamin agar dilakukan pemeriksaan secara langsung dan diberikan terapi yang tepat. Untuk sementara, Anda bisa memakai sampo yang mengandung asam salisilat, sampo pyritsione zinc, dan pemberian krim atau salep untuk kulit kepala. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Psoriasis merupakan penyakit autoimun pada anak akibat kesalahan imunitas tubuh menyerang sel kulit yang sehat

9 Penyakit Autoimun pada Anak yang Paling Sering Terjadi, Kenali Gejalanya

Penyakit autoimun pada anak bisa terjadi karena keturunan, mutasi genetik, faktor lingkungan, atau hormonal. Autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan tubuh yang sehat.