Kerak di kepala anak, apakah berbahaya ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 18 Tahun
Dok adik saya yang berusia 4 tahun tiba tiba ada semacam kerak yang disertai dengan cairan kuning yang melekat di rambut pada bagian belakang kepala, dan juga adik saya mengalami ruam kulit yang tak kunjung hilang. Minta saran itu bahaya tidak Dok? Obat apa yang efektif untuk penyakit ini sebelumnya terima kasih ya Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SA.

Kerak di kepala anak merupakan keadaan ada kulit kepala yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis. Beberapa diantaranya, ialah dermatitis seboroik (perdangan kulit kronis), alergi dan iritasi karena produk perawatan tertentu, infeksi jamur, hingga penyakit autoimun psoriasis. Dari berbagai penyebab tersebut, dermatitis seboroik adalah yang paling sering terjadi.

Dermatitis seboroik dikenal pula dengan cradle cap pada bayi. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan tidak menular. Penyebabnya sendiri belum dapat diketahui secara pasti hingga saat ini. Beberapa kombinasi faktor berikut ini diduga dapat memicu terjadinya dermatitis seboroik.

Beberapa diantaranya adalah :

  • faktor genetika 
  • infeksi jamur
  • konsumsi atau penggunaan obat-obatan tertentu
  • cuaca yang relatif terlalu dingin atau kering

Mengenai keluhan yang dialami adik Anda, perlu terlebih dahulu dipastikan kelainannya agar dapat ditangani dengan tepat. Jika benar berupa dermatitis seboroik, akan ditangani sesuai usianya. Umumnya untuk anak yang sudah berusia diatas dua tahun akan diberikan sampo khusus yang aman dan obat topikal yang dioleskan. Jika perlu dokter mungkin akan memberikan tambahan obat oral. Untuk sementara Anda dapat menggunakan sampo bayi yang khusus untuk kulit sensitif serta minyak esensial jojoba untuk ruam pada adik Anda. Untuk selanjutnya periksakanlah pada dokter Spesialis Kulit.

Salam sehat. dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Xeroderma pigmentosum menyebabkan penderitanya mengalami bercak di kulit

Mengenal Xeroderma Pigmentosum, Kelainan Genetik Langka yang ‘Bermusuhan’ dengan Matahari

Xeroderma pigmentosum adalah kelainan genetik langka yang dapat menimbulkan gejala jika terpapar sinar UV. Gejalanya tidak hanya pada kulit saja, tetapi juga memengaruhi penglihatan dan pendengaran.