Keputihan yang berlebihan, nyeri saat buang air kecil dan bau yang menyengat. Bagaimana mengatasinya?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 20 Tahun
Selamat pagi, maaf dok bagaimana cara mengatasi keputihan yang sangat berlebih dan ketika membuang air kecil terasa sakit disertai bau yang sangat menyengat, obat apa untuk mengatasinya, trimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AR

Keputihan anda berlebih, apakah terasa gatal? Apakah bau menyengat dari air kencing atau dari keputihannya? Serta bagaimana siklus haid anda, apakah teratur? Keputihan harus dibedakan antara keputihan normal atau keputihan yang tidak normal. Berikut saya lampirkan artikelnya Ini Ciri Keputihan Normal dan Penyebab Kemunculannya yang bisa anda baca untuk informasi tambahan.

Kemudian nyeri saat buang air kecil, kemungkinan anda mengalami radang saluran kemih. Bisa akibat infeksi atau bisa juga karena ada batu di saluran kencing. Sebaiknya anda banyak minum air putih (bukan yang berwarna) minimal 2-3 liter tiap harinya. Kemudian jangan menahan bila sudah ada keinginan kencing. Dengan begitu kencing anda bisa lebih encer dan bening, serta radangnya bisa berkurang.

Anda juga bisa menggunakan obat nyeri yang dijual bebas di pasaran. Bila keluhan tidak berkurang maka anda perlu pemeriksaan lebih lanjut. Bisa konsultasi langsung dengan Dokter untuk penanganan selanjutnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi

Apakah Perlu ke Dokter Saat Alami Vaginitis?

Vaginitis adalah proses peradangan pada vagina yang umumnya disebabkan oleh infeksi. Biasanya, seorang wanita setidaknya mengalami vaginitis satu kali, dalam hidupnya. Vaginitis sendiri tidak perlu penanganan medis, namun tetap harus diperhatikan.