Keputihan warna coklat apa penyebabnya?

I Info Penanya: I, Wanita, 19 Tahun
Assalamualaikum dok ..selamat soreSaya mau tanya saya tgl 13 kan menstruasi tapi keluarnya darah itu cuman sedikit dan tidak sampe pada pembalut itu terjadi kurang lebih 2 sampai 3 hari keluarnya darah itu saat saya lagi buang buang air kecil atau BAB setelah itu keluar keputihan warna coklat sampai tgl 21 selama waktu itu kadang keputihan itu berwarna pink kayak tercampur darah gitu...saya bingung sebenarnya apa yang terjadi ,. saya juga belum menikah.Mohon kejelasan nya ya dok ...Terimakas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi I,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Keputihan dalam istilah medis disebut dengan leukorea. Keputihan pada umumnya merupakan hal yang normal yang terjadi pada setiap wanita. Keputihan bisa keluar saat wanita masuk dalam usia subur, bisa juga keluar saat wanita akan masuk periode menstruasi.

Normalnya keputihan bewarna bening atau putih, tidak berbau dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Jika keputihan berwarna kuning, coklat, atau bahkan hitam, sebaiknya di cari tau lebih lanjut apa penyebabnya.

Beberapa penyebab keputihan bewarna coklat :

Untuk pengobatan keputihan biasanya dokter kulit akan memberikan terapi antibiotik. Namun tentunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti cek laboratorium dan pemeriksaan fisik.

Untuk mencegah keputihan tindakan yang bisa dilakukan :

  • Jaga kebersihan organ intim
  • Selalu membersihkan area vagina dari depan ke belakang
  • Jangan menggunakan pakaian dalam yang ketat dan tidak menyerap keringat
  • Hindari berhubungan jika keputihan masih banyak

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, rasa gatal, dan perih di daerah kewanitaan

Daerah Kewanitaan Gatal dan Perih karena Kandidiasis Vagina, Lakukan Langkah Ini!

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur yang menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan pada vagina. Untuk menghilangkan rasa gatal dan perih di vagina, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti minyak teh pohon atau tea tree oil, yogurt alami, dan suplemen probiotik.