Keputihan tidak normal, apa harus ke dokter?

ZP Info Penanya: ZP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau bertanya saya mengalami hampir 2 tahun keputihan tidak normal,dan masih belum juga pergi ke dokter. Bagaiman cara mengatasi keputihan yang berwarna tidak normal seperti kuning kehijauan,apakah memang harus ke dokter atau bisa diobati dengan cara lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZP,

Keputihan yang tidak normal ditandai dengan adanya perubahan baik pada konsistensi, jumlah dan juga aroma dari cairan keputihan, dan juga dapat disertai dengan gejala lain mulai dari nyeri saat berkemih, nyeri perut, rasa gatal sekitar vagina ataupun gejala lainnya. 

Penyebab keputihan sendiri beragam mulai dari infeksi bakteri yang ditandai keputihan berwarna putih keabuan dan menimbulkan aroma amis, disebabkan oleh infeksi jamur ditandai dengan keputihan berwarna putih kental dapat kehijauan, disebabkan oleh parasit yang dapat ditandai dengan keputihan berwarna kuning kehijauan yang dapat disertai bercak darah, rasa nyeri dan panas di sekitar kemaluan ataupun juga disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh penyakit lain termasuk penyakit menular seksual.

Untuk itu jika sudah mengalami selama 2 tahun, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk diketahui penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan sampel cairan vagina, papsmear, tes urine dan pemeriksaan lain yang diperlukan. Penangannya nantinya akan disesuaikan dengan penyebabnya baik pemberian antibiotik jika penyebabnya adalah bakteri, antijamur jika penyebabnya adalah infeksi jamur dan sesuai penyebab lainnya. Penting juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim agar membantu penyembuhan dan mencegah timbulnya infeksi lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan yang tidak normal saat hamil muda bisa disebabkan oleh Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beragam Faktor Penyebab Keputihan saat Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Normalnya, keputihan biasanya berwarna bening atau putih susu, encer, dan tidak berbau tajam. Namun jika keputihan berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, berbau busuk, disertai rasa gatal dan bercak kemerahan, ini bisa menjadi pertanda adanya infeksi