keputihan setiap hari

IK Info Penanya: IK, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam, dokter saya ingin bertanya terkait masalah keputihan. Apakah normal mengalami keputihan hampir setiap hari? Karena saya sering keputihan bahkan hampir setiap hari tapi warna keputihannya bening dok kadang berbau dan kadang tidak. Tidak disertai rasa sakit apapun. Kira2 itu kenapa ya dok? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IK

Keputihan dapat terjadi pada kondisi normal seperti sebelum dan sesudah menstruasi, efek samping pemakaian kontrasepsi, kelainan hormonal, stress, kegemukan, sedang hamil. Selain itu keputihan juga terjadi akibat penggunaan sabun cebok vagina karena memicu hilangnya flora normal disekitar alat kelamin dan meningkatkan pertumbuhan bakteri anaerob.

Pengeluaran flek yang sering dan  banyak juga dapat menjadi tanda penyakit seperti bakterial vaginosis dan infeksi menular sexual. Keputihan yang bermasalah juga ditandai dengan perubahan warna jadi kuning atau hijau, bergumpal, berbau dan memicu gatal pada alat kelamin. 

Saya sarankan anda untuk mencuci bersih vagina, hindari pemakain sabun cebok, jangan memakai celana terlalu ketat, mengganti celana dalam jika lembab, hindari stress, perbanyak konsumsi vitamin e dan c. Selain itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, mungkin perlu diberikan antibiotik jika terdapat infeksi pada vagina. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab susah hamil pada wanita bisa akibat beragam hal, mulai dari penyakit tertentu, usia, hingga gaya hidup

9 Penyebab Susah Hamil pada Wanita, Anda Mengalami Salah Satunya?

Pasangan dikatakan mengalami kondisi ketidaksuburan ketika sang istri tidak kunjung mengandung setelah 12 bulan menikah. Terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab susah hamil. Mulai dari usia, gaya hidup tertentu (seperti merokok), gangguan pada sistem reproduksi, hingga gangguan pada kelenjar tiroid (termasuk tirotoksikosis).