keputihan seperti tisu yang di basahi dan gatal

R Info Penanya: R
Dok saya kadang 1 bulan sekali keluar putih" di vagina seperti tissue yg di basahi ciri² keluar seperti itu pasti merasa agak gatal di lubang vagina tpi itu hanya semalam saja, setelah keluar sperti tissu putih selang beberapa hari baru keluar keputihan tpi keputihan saya normal tidak berbau dan tidak berwarna dan tidak gatal juga, dan jadwal rutinan mens saya pun normal tidak ada masalah, kira² itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R

Terima kasih sudah bertanya di SehatQ

Keputihan pada vagina ada 2 macam :

1. Dikatakan normal misalnya saat menjelang atau setelah menstruasi, saat masa subur, hamil, kelelahan. Jumlah, warna dan konsistensi keputihan bervariasi dari berwarna jernih, putih keruh dengan konsistensi lengket bahkan berair, tidak berbau dan tidak gatal.

2. Abnormal , ada beberapa jenis penyakit yang menyebabkan keputihan dengan ciri khas masing- masing :

  • Keputihan bertekstur seperti keju atau susu pecah disertai rasa gatal maka keputihan tersebut tidak normal dan dapat menjadi tanda infeksi jamur.
  • Keputihan berwarna cokelat atau berdarah dapat menjadi tanda keguguran. Pada beberapa kasus, cairan berwarna coklat dan darah juga dapat menjadi tanda kanker serviks.
  • Keputihan yang berwarna kuning atau hijau dengan konsistensi kental dan berupa gumpalan disertai bau tidak sedap, biasanya tanda dari infeksi trikomoniasis, gonorea, chlamydia yang biasanya menular melalui hubungan seksual.

Untuk diagnosis pasti Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara lebih dalam berkaitan dengan keputihan yang Anda alami, dan jika diperlukan akan dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang.

Beberapa saran untuk mencegah keputihan:

  • Jaga kebersihan vagina : cuci dengan baik dari arah depan kebelakang dan keringkan sebelum memakai celana dalam.
  • Jaga kelembapan vagina : gunakan celana dalam berbahan katun dan jangan gunakan celana ketat.
  • Hindari menggunakan sabun pembersih vagina
  • Hindari pemakaian pantyliner
  • Setia pada satu pasangan sexual
  • Hindari stress dan istirahat cukup

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau

Keputihan Berwarna Hijau dan Menggumpal, Berbahayakah?

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau, apalagi juga menggumpal. Kondisi itu bisa menandakan infeksi bakteri atau penyakit menular seksual.