Keputihan seperti lendir yang kental. Apakah masih wajar?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 28 Tahun
Dok saya keputihan tapi datang'y kadang2 setiap keputihan bentuknya kaya ingus berbagai obat sudah saya coba tapi masih ttp sepeti itu,itu masih wajar apa gimana dok tolong pejelasnya...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SR.

Apakah keputihan Anda disertai rasa gatal? Apakah keputihannya berbau amis atau tidak sedap? Apakah Anda menjadi demam atau meriang? Itu adalah tanda keputihan yang terkait dengan infeksi. Keputihan itu sendiri terkait oleh banyak hal, seperti kadar hormon dalam tubuh Anda. Kadar hormon dipengaruhi tanggalan siklus haid Anda. Pada saat Anda subur, cairan vagina Anda akan lebih kental dan banyak. Sehingga kondisi di dalam vagina, kondusif untuk sperma melakukan pembuahan. 

Fungsi cairan vagina itu sendiri adalah untuk membersihkan bagian dalam vagina dari bakteri dan sisa sel. Sifatnya seperti antibiotik yang alami. Jika Anda sering menggunakan cairan pembersih kewanitaan, malah akan berisiko mengganggu keseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam vagina. 

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan Anda yaitu dengan menjaga kebersihannya menggunakan air dan sabun yang tidak mengandung pewangi. Jangan menggunakan tisu basah maupun produk kecantikan lain yang mengandung parfum. Serta menggunakan pakaian dalam yang berbahan katun dengan tujuan untuk mengurangi iritasi pada vagina.

Saya lampirkan artikel mengenai Keputihan Normal atau Gejala Vaginitis? Ini Bedanya untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini