Keputihan saat berhubungan intim

VN Info Penanya: VN, Wanita, 2019 Tahun
MET malam Dok....saya ingin tanya soal keputihan yang kental seperti susu tapi tidak berbau dan tidak gatal... saat berhubungan intim saya suka mengeluarkan keputihan seperti itu Dok... apa penyebab nya Dok dan berbahaya tidak Dok... makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam V,

Berdasarkan keluhan Anda. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa keputihan atau disebut flour albus/leukorea/vaginal discharge adalah semua pengeluaran cairan dari alat genitalia. Keputihan dapat diklasifikasikan menjadi dua:

1. Keputihan fisiologis. Berupa cairan jernih, tidak berbau dan tidak gatal. Keadaan ini dialami semua wanita.

2. Keputihan patologis. Cairan ini berwarna puting kekuningan, jumlahnya berlebihan, berbau tidak sedap, terasa gatal. Penyebabnya biasa kebanyakan disebabkan infeksi bakteri, virus atau jamur.

Beberapa faktor penyebab masih dianggap wajar jika keputihan terjadi ketika stres, kehamilan atau aktivitas seksual. Penyebabnya karena aktivitas hormonal. Keputihan yang keluar saat aktivitas seksual salah satunya befungsi sebagai pelumas berhubungan intim. Biasanya berkisar 2-5ml perhari. Tetapi hati-hati, jika keputihan yang keluar seperti ciri-ciri keputihan patologis yang sudah dijelaskan diatas, segera konsulkan ke dokter.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Sylvi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)