Cairan putih bening seperti pipis apa keputihan?

L Info Penanya: L
Dok sya kan keputihan yang sedikit berlebihan dan terkadang keputihannya itu berlendir yg bikin gak nyaman tapi tidak berbau, nah saya disarankan merendam miss v menggunakan air rebusan siri, buah pinang dan kunyit, saya lakukan hal ini setiap hari selama 15menit. Setelah saya melakukan hal itu keputihan lendir sudah tidak ada, tapi kenapa tiba2 sering keluar cairan putih bening seperti pipis?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina dengan warna putih bening seperti putih telur mentah, tidak berbau dan tidak gatal, yang akan terjadi ketika menjelang haid atau awal kehamilan.

Namun bila keputihan sudah berubah warna atau menimbulkan rasa gatal serta berbau busuk atau amis, maka tandanya keputihan tersebut tidak normal.

Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh :
  1. Infeksi jamur.
  2. Bakterial vaginosis.
  3. Infeksi menular seksual seperti klamidia, trikomoniasis, gonore akibat berganti-ganti pasangan seksual dan berhubungan seksual tidak menggunakan kondom.
Yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah selalu menjaga kebersihan area kelamin dengan cara :
  1. Basuh kelamin dari arah depan ke belakang untuk menghindari kotoran di dubur berpindah ke vagina. Dan selalu keringkan kelamin.
  2. Hindari pemakaian sabun pembersih kelamin.
  3. Pakai celana dengan bahan katun yang mudah menyerap keringat.
  4. Minum air putih yang banyak.
  5. Hindari berganti-ganti pasangan seksual.
  6. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual.

Daun sirih merupakan bahan herbal yang memang dipercaya memiliki kandungan antibiotik, Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh kelamin, atau berendam selama beberapa waktu, namun pastikan untuk selalu mencuci daun sirih sebelum digunakan dan rebus sampai mendidih. Gunakan air rebusan tersebut dalam posisi hangat suam-suam kuku.

Perihal cairan putih seperti kencing, bisa karena keputihan biasa atau kencing yang tidak terasa keluar yang menandakan adanya infeksi saluran kemih. Bila cairan yang keluar banyak, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan bisa menandakan bahwa akan menstruasi atau mengawali kehamilan.

Ini Bedanya Keputihan Tanda Hamil dan Keputihan Haid

Keputihan terjadi bukan hanya menjelang menstruasi, tapi juga kehamilan. Meskipun keduanya termasuk dalam golongan keputihan, tapi terdapat karakteristik yang berbeda dari kondisi ini. Kenali 3 tanda ini agar Anda bisa membedakannya.