Keputihan berubah warna dan menggumpal tetapi tidak gatal, apakah normal ?

WW Info Penanya: WW, Wanita, 19 Tahun
Dok saya keputihan sudah sangat lama, bertahun². Keputihan saya berubah warna/tidak bening, saya bingung mendefinisikan warna keputihan saya. Selama saya keputihan saya tidak pernah merasakan gatal² pada miss V, dan juga bau nya tidak terlalu menyengat. Biasa nya cairan yg keluar menggumpal gitu dok. Jumlah yang keluar tidak banyak. Apa masih tergolong normal atau tidak dok? Dan juga kalau mau konsultasi datang nya ke dokter apa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, WW.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keputihan adalah cairan vagina yang secara normal ada untuk melembapkan dan melindungi vagina dari iritasi dan infeksi. Namun terkadang perubahan hormon dan gangguan pada alat reproduksi wanita dapat membuat keputihan menjadi tidak normal. Keputihan normal sendiri umumnya berwarna bening atau putih, tidak berbau dan tidak disertai gejala-gejala lainnya di area kewanitaan yang dapat mengganggu. 

Berikut tanda-tanda keputihan yang tidak normal :

  • Berubah warna, seperti abu-abu atau kehijauan
  • Tekstur yang tidak biasa seperti pecah-pecah, berbusa, sangat cair
  • Sangat banyak dibandingkan biasanya
  • Disertai aroma tidak sedap seperti bau busuk atau bau amis 
  • Disertai sensasi rasa gatal, nyeri atau rasa terbakar hingga kebas
  • Adanya iritasi dan bengkak pada bagian luar vagina
  • Nyeri daat berkemih

Terkait dengan pertanyaan dan keluhan Anda, keputihan yang tidak bening bisa jadi normal jika tidak disertai keluhan lainnya. Adanya perubahan hormon dapat membuat warna keputihan menjadi putih serta konsistensinya menjadi tebal dan lengket, khususnya terjadi setelah masa ovulasi. Dan bahkan dapat berubah warna menjadi putih kekuningan sebelum menstruasi, atau kecoklatan setelah menstruasi karena bercampur dengan darah yang masih bersisa.

Namun jika Anda ragu, Anda dapat memastikan nya dengan melakukan pemeriksaan ke dokter Spesialis Kulit dan Kelamin atau ke dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan penyebab keputihan abnormal

Mengenal Makanan Penyebab Keputihan Abnormal

Makanan penyebab keputihan abnormal perlu Anda ketahui sebagai pencegahan. Gula, alkohol, asparagus hingga karbohidrat tinggi bisa jadi penyebab keputihan.