07 Sep 2021, 23:18Kulit & Kelamin

Penyebab keputihan seperti susu apakah candidiasis vaginal ?

TH
Info Penanya: TH0
permisi dokter saya mau tanya,sebelumna saya wanita 21 th ,akhir akhir ini saya mengalami keputihan seperti susu dan kadang terasa gatal,obat apa yang seharusnya saya konsumsi,sebelumnya saya punya penyakit asam lambung
204 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, T.Kuputihan kerap dialami wanita dimana keputihan menimbulkan rasa tidak nyaman, vagina terasa "becek", tak jarang menimbulkan bau tidak sedap dan rasa gatal luar biasa yang mengganggu aktifitas sehari-hari.

Apa yang menyebabkan keputihan seperti susu ?

Keputihan terdiri dari 2 jenis yaitu keputihan normal saat wanita sedang dalam masa subur, ada rangsangan seksual, menjelang haid atau saat wanita hamil. Namun ada pula beberapa kondisi dimana keputihan abnormal disebabkan oleh berbagai faktor antara lain :
  • Candidiasis vaginal dimana keputihan lengket, banyak, seperti susu atau tahu yang hancur, diikuti rasa gatal dan bau tidak sedap.
  • Bakterial vaginosis dimana keputihan berwarna kecoklatan, diikuti rasa sakit saat berkemih, dengan bau amis yang menyengat.
  • Trikomoniasis dimana keputihan berwarna kuning kehijauan akibat hubungan intim dengan banyak pasangan.
Pengobatan keputihan dengan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter kulit kelamin. Jika keputihan Anda mengarah ke infeksi jamur, maka dokter akan memberikan obat anti jamur seperti nystatin. Selain itu, Anda wajib mengaja kebersihan vagina dengan membasuh vagina dari arah depan, mengeringkan vagina, mengganti pakaian dalam lebih sering.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kandidiasis vaginakeputihankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil