22 Apr 2021, 20:47Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan keputihan seperti tepung dan cara mengatasinya ?

DS
Info Penanya: DS0
Selamat malam dok ... Dok saya mau bertanya sudah 4 hari Miss v saya keputihan dan gatal dok seperti tepung basah (terlihat jika bagian Miss v dibuka) .saya sudah periksakan ke dokter dan setelah saya minum obat, gatal tersebu mereda sedangkan untuk keputihannya (dokter itu jamur) bisa dibersihkan oleh air dan dibersihkan dengan kain bersih ,sudah saya lakukan dok tapi untuk yang dibagian dalam lubang vagina itu masih ada dok . Kira" bagaimana cara mengatasi dan obat yg harus digunakan dok?
115 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, D.Keputihan adalah salah satu keluhan yang sering dialami wanita. Keputihan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika keputihan disertai bau tak sedap, amis dan busuk, diikuti rasa sangat gatal, membuat aktifitas terganggu dan keinginan untuk terus menggaruk. Keputihan juga menganggu hubungan antar suami istri.

Apa yang menyebabkan keputihan seperti tepung dan gatal ?

Keluhan keputihan yang Anda alami dimana keputihan berbentuk seperti tepung basah, lengket, diikuti rasa gatal mengarah ke keputihan karena jamur atau kandidiasis vaginal. Ini dicetuskan oleh kebersihan vagina yang tidak dijaga dengan baik, tidak dikeringkan setelah cebok, menggunakan celana terlalu ketat berbahan tidak menyerap keringat sehingga vagina menjadi lembab dan jamur gampang berkembang. Selain karena jamur, penyebab keputihan bisa karena bakteri.

Bagaimana cara mengatasi keputihan akibat jamur ?

Cara mengatasi keputihan akibat jamur antara lain :
  • Segera cebok dan keringkan vagina pasca berhubungan seksual.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun dan ganti lebih sering.
  • Hindari penggunaan pembersih kewanitaan terus menerus.
  • Hindari penggunaan seks toys atau masturbasi dengan tangan kotor.
Keputihan yang masih ada di lubang vagina tidak perlu Anda bersihkan menggunakan kassa atau kain bersih. Dokter kulit kelamin atau dokter kandungan akan memberikan obat anti jamur seperti nystatin supp yang dimasukkan ke vagina untuk mengatasi keluhan Anda. Namun jika keluhan tidak kunjung membaik, maka lakukan pemeriksaan ulang ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
vagina gatalkeputihankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil