09 Mar 2021, 13:52Kulit & Kelamin

Bagaimana cara mengatasi keputihan pada remaja ?

NS
Info Penanya: NS, Wanita, 19 Tahun
Sebelumnya saya sekarang umur 19 jalan umur 20. Akhir-akhir ini saya mengalami keputihan setiap hari . Dan keputihan nya itu cair banget kalau keluar agak banyak gak kaya biasanya. Keputihan nya tidak berbau . Tidak gatal . Bening kadang ada merah² nya dikit. Solusi nya gimana ya dok . Apa itu termasuk proses pendewasaan. Trus apa itu bahaya dok?
210 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, N.Keputihan yang terjadi pada wanita sebagian besar disebabkan oleh keputihan normal berupa cairan berwarna bening, tidak diikuti rasa gatal, tidak berbau, tidak lengket dan dalam jumlah yang wajar.

Apa yang menyebabkan keputihan pada wanita remaja ?

Keluhan muncul keputihan yang Anda alami berupa keputihan normal yang tidak berbahaya akibat pengaruh hormon esterogen dan progesteron, Anda terlalu lelah beraktifitas, sedang dalam masa subur, stress, ada ransangan seksual, menjelang menstruasi atau pasca selesai menstruasi.Namun keputihan juga dapat merupakan sesuatu yang abnormal jika penyebab karena bakteri yang ditandai dengan keputihan berbau busuk, nyeri saat berkemih, berwarna putih coklat disertai darah, maupun jamur yang disebabkan oleh jamur candida dimana keputihan terlihat menggumpal, lengket, putih seperti tahu, terasa sangat gatal dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Bagaimana cara mengatasi keputihan pada remaja ?

Cara mengatasi keputihan pada remaja antara lain :
  • Hindari stress dan cemas berlebihan.
  • Menjaga kebersihan organ intim, hindari penggunaan sabun kewanitaan terus menerus.
  • Gunakan pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Hindari memegang vagina dengan tangan kotor.
  • Keringkan vagina setelah berkemih.
Jika keputihan bertambah banyak, ada rasa nyeri saat berkemih, terdapat demam, keputihan menggumpal dan berbau, segera lakukan pemeriksaan urin dan konsultasi bersama dokter kulit kelamin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
kandidiasis vaginakeputihankesehatan vagina
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil