10 Dec 2020, 16:03Kulit & Kelamin

Penyebab keputihan yang sering terjadi

AN*
Info Penanya: AN*0
Hai dok. Maaf mau tanya untuk periksa tentang keputihan apakah harus di dokter khusus kelamin dok?
182 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo FK,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Keputihan memang sering dialami oleh wanita, baik yang menggunakan kontrasepsi atau tidak. Keputihan ini dapat berupa keputihan yang normal maupun keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal dapat disertai bau amis maupun bau busuk yang membuat rasa tidak nyaman bagi penderitannya.

Penyebab keputihan yang sering terjadi

Penyebab keputihan yang sering terjadi antara lain :
  • Keputihan normal saat sedang terasa lelah, stress, menjelang haid, sesudah haid, dan saat ada rangsangan seksual. Keputihan ini ditandai dengan keluar cairan berwarna bening atau kekuningan, tidak diikuti rasa gatal dan nyeri, serta tidak berbau.
  • Keputihan karena jamur candida
  • Keputihan karena bakteri chlamydia
  • Penyakit menular seksual
  • Infeksi serviks
  • Pasca berhubungan seksual
Keputihan yang normal tidak memerlukan terapi khusus. Keputihan yang tidak normal harus dilakukan terapi sesuai dengan penyebabnya. Anda dapat memeriksakan diri ke dokter umum, namun jika pengobatan di dokter umum belum teratasi maka Anda dapat konsultasi ke dokter spesialis kandungan maupun ke dokter spesialis kulit dan kelamin jika penyebab keputihan dikarenakan penyakit menular seksual.Anda harus tetap menjaga kebersihan organ intim dengan mengganti pakaian dalam jika lembab dan basah minimal 2x sehari, tidak menggunakan pakaian dalam dan celana yang etrlalu ketat, cukur bulu kemaluan secara teratur, jaga kebersihan diri dan terapkan pola hidup sehat.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi saluran kencingpenyakit menular seksualkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil