Keputihan normal atau tidak?

SP Info Penanya: SP, Pria, 22 Tahun
Dok sya mau tnya beberapa hari ini keputihan saya berubah menjadi agak kekuningan tapi tidak gatal apakah itu normal dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SP,

Keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang ditandai dengan perubahan warna, perubahan konsistensi, disertai gejala lain seperti misalnya menimbulkan rasa gatal disekitar kewanitaan, menimbulkan rasa nyeri ketika berkemih, menimbulkan bau yang khas dan jika sudah menikah bisa juga menimbulkan rasa nyeri ketika berhubungan seksual sampai menimbulkan bercak darah.

Apabila terjadi perubahan warna keputihan bisa jadi pertanda keputihan tidak normal seperti:

  • Warna bening, kekuningan, abu-abu atau bisa menandakan infeksi bakteri seperti vaginosis bakteri, bisa disertai bau khas
  • Warna putih, menggumpal atau kental seperti keju, bisa disebabkan infeksi jamur
  • Warna kehijauan bisa disebabkan oleh infeksi parasit seperti trikomoniasis, bisa akibat hubungan seksual
  • Warna kuning keruh, bisa karena infeksi menular seksual seperti gonore
  • Merah, bisa disebabkan oleh sisa darah menstruasi, polip ataupun infeksi menular seksual

Jadi jika mendapatkan tanda-tanda keputihan yang tidak normal sebaiknya bisa memeriksaan diri pada dokter untuk dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Perlu menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan membasuh area kewanitaan dan keringkan sampai benar-benar kering terutama setelah buang air, jika menggunakan pembalut hindari yang mengandung parfum dan ganti pembalut tiap 4 jam sekali.

Hindari menggunakan sabun khusus kewanitaan karena bisa membuat ketidak seimbangan pH dan juga membuat pertumbuhan mikroorganisme penyebab keputihan tidak normal. Perhatikan juga asupan makanan, karena ada beberapa makanan yang bisa memicu keputihan tidak normal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keluarnya cairan menyerupai keputihan pascamelahirkan dapat menyebabkan masalah perkemihan

Lokia, Cairan Vagina yang Keluar Setelah Melahirkan

Lokia adalah keluarnya cairan dari vagina menyerupai keputihan setelah menjalani proses melahirkan. Cara mengatasinya dengan pembalut khusus untuk masa nifas.