Keputihan berbau dan encer

MA Info Penanya: MA
Assalamu'alaikum selamat pagi dokter saya mau tanya kemarin sore klr cairan putih agak kecoklatan encer dan baru pertama kali serta tercium bau amis dan g sedap yg tajam sebelum klr cairan itu pinggang saya terasa sakit seperti orang mau datang bulan pertanyaannya saya apakah ini berbahaya? Mohon penjelasannya dan sebelumnya saya ucapkan terimkasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MA,

Keputihan yang tidak normal adalah ketika keputihan ditandai perubahan warna cairan keputihan, konsistensi cairan, disertai bau khas, gatal di area kemaluan, rasa nyeri ketika berhubungan seksual, nyeri ketika buang air kecil. Jika terjadi keputihan yang tidak normal perlu diwaspadai, penyebabnya diantaranya adalah:

  • Infeksi bakteri, ditandai dengan bau yang khas
  • Infeksi jamur, ditandai rasa gatal dan keputihan kental dan bisa berwarna putih
  • Infeksi parasit, bisa berwarna kehijauan, kuning atau bercampur darah
  • Infeksi menular seksual

Untuk itu perlu diperiksakan dan dipastikan apa penyebabnya, karena penanganannya bisa berbeda. Kalau karena infeksi bakteri akan diberikan antibiotik, sedangkan jika karena jamur diberikan obat antijamur. Pemeriksaan sendiri bisa dilakukan dengan pemeriksaan sampel cairan keputihannya.

Untuk sementara bisa menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan membasuh organ kewanitaan menggunakan air hangat, keringkan sampai benar-benar kering setelah buang air kecil, hindari pakaian yang ketat, lebih sering mengganti pakaian dan pakaian dalam setelah beraktivitas, jika menstruasi ganti pembalut tiap 3-4 jam sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ereksi pagi atau morning wood normal dialami oleh pria dan mengindikasikan alat vital yang sehat

Morning Wood pada Pria: Apakah Penis Ereksi di Pagi Hari Normal Terjadi?

Ereksi pagi atau morning wood merupakan fenomena yang hampir dialami oleh sebagian besar pria. Ereksi di pagi hari ini sebenarnya adalah sesuatu yang normal dan mengindikasikan berfungsinya sistem reproduksi alat vital Anda.