Keputihan banyak apakah tanda menstruasi atau hamil?

DM Info Penanya: DM, Wanita, 22 Tahun
Dok mau bertanya, keputihan banyak itu tanda2 awal mau menstruasi atau hamil yaa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DM.

Keputihan adalah mekanisme normal pada organ kewanitaan untuk membersihkan dari sel mati ataupun kotoran yang ada. Pada waktu-waktu tertentu cairan keputihan juga bisa bertambah seperti misalnya saat mengalami ovulasi atau masa subur, keputihan menjelang menstruasi, ataupun keputihan saat hamil.

Apabila keputihan menjadi lebih banyak tetapi disertai perubahan warna, perubahan konsistensi, disertai gejala tambahan seperti rasa gatal, bau yang khas, nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual, atau gejala lain, hal tersebut bisa menandakan keputihan yang tidak normal. Penyebab keputihan yang tidak normal sendiri diantaranya adalah:

  • Infeksi bakteri, biasanya disertai bau khas dan keputihan bisa bening kekuningan
  • Infeksi jamur, disertai rasa gatal dan keputihan bisa putih kental sampai kehijauan
  • Infeksi parasit, keputihan bisa disertai rasa nyeri, gatal dan keputihan bercampur darah
  • Infeksi menular seksual

Keputihan juga bisa menjadi lebih banyak saat wanita hamil dikarenakan perubahan hormonal yang terjadi. Jika sebelumnya melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman dan terjadi terlambat haid bisa coba dilakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan alat testpack.

Jika keputihan mengganggu atau banyak, bisa juga diperiksakan untuk dipastikan apa penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Upayakan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dengan mambasuh organ kewanitaan menggunakan air hangat, hindari penggunaan sabun khusus kewanitaan agar tidak mengganggu keseimbangan mikroorganisme yang bisa memicu keputihan tidak normal, keringkan sampai benar-benar kering ketika habis buang air. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes kehamilan dengan gula belum didukung penelitian yang kuat.

Tes Kehamilan dengan Gula, Mitos atau Fakta?

Tes kehamilan dengan gula mulai mendapatkan popularitas lewat internet. Bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan. Bagaimana cara kerjanya?