Apakah siklus haid dan keputihan yang saya alami normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok . Saya haid setiap bulan lancar pd tgl 29 .. tp bulan kmrin tgl 8 dan skrg tgl 3 , setelah bersih haid , masih kluar bercak merah muda 1 hari .. saya ingin promil sudah 6bulan menikah tp tak kunjung hamil . Saya sdh periksa di bidan katanya rahim dan tensi bagus semua, skrg sy keputihan sprti putih telur berwarna bening dan putih .apakah itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sejak menginjak masa pubertas pada saat remaja hingga menjelang masa menopayuse, setiap wanita pasti mengalami siklus haid. Siklus haid wanita dapat diklatakan normal bila berkisar antara 21 hari sampai dengan 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Siklus haid ini, dihitung dari hari pertama saat Anda mengalami haid pada periode bulan ini, sampai dengan hari pertama Anda kembali mengalami haid pada periode bulan berikutnya. 

Lamanya masa haid wanita secara normal adalah sekitar 3-7 hari. Perdarahan yang muncul pun beragam, mulai dari bercak, cair bahkan gumpalan dengan warna darah haid merah segar, merah kecokelatan, cokelat, merah kehitaman atau bahkan berwarna hitam.

Keputihan merupakan suatu kondisi yang wajar dialami wanita pada usia subur. Keputihan yang normal umumnya tidak berbau, tidak berwarna (bening atau sedikit keputihan saat menjelang siklus haid), dan tidak menimbulkan rasa gatal pada area vagina. Namun, bilamana keputihan berwarna kekuningan, atau bahkan kehijauan yang disertai dengan rasa gatal, rasa nyeri atau bahkan rasa panas, maka perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Bila, Anda sedang dalam program hamil pastikan Anda mengetahui siklus haid Anda terlebih dahulu, agar dapat menentukan masa subur Anda. Sehingga, Anda dapat melakukan hubungan seksual saat Anda sedang dalam masa subur. Pastikan, Anda tetap mengonsumsi makanan sehat bergizi, perbanyak makanan yang berprotein, perbanyak sayur dan buah-buahan, hidarilah stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, dan lakukan olahraga rutin serta menjaga kebersihan kelamin.

Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat, bila siklus haid tidak teratur dan ingin melakukna program hamil.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab keputihan gatal adalah infeksi jamur, vaginosis bakteri, serta trikomoniasis

Untuk Para Wanita, Kenali Penyebab Keputihan Gatal Ini!

Keputihan yang terasa gatal tentu sangat menyiksa bagi para kaum hawa. Gangguan kesehatan ini disebabkan oleh infeksi jamur, vaginosis bakteri, serta trikomoniasis. Selain itu, keputihan juga mengakibatkan penyakit menular seksual, menopause, penebalan kulit, dan paparan bahan kimia tertentu.