10 May 2020, 05:11Kulit & Kelamin

Apakah daun sirih efektif untuk mengatasi keputihan?

DR
Info Penanya: DR, Wanita, 1 Tahun
assalamualaikum dok, saya keputihan warna putih gatel tapi tidak berbau, ada yang bilang minum rebusan air sirih, yang bagus nya minum air rebusan air sirih nya brapa kali sehari yh dok? kata nya daun sirih kalau keseringan di minum air rebusannya bahaya bagi rahim? trus kenapa yh dok kalau mis v di cuci pake air hanget kelmaan jadi kering dan ga nyaman saat berjalan? makasih.
22893 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, DRTerima kasih atas pertanyaan AndaKeputihan bisa di sebut hal yang normal terjadi pada wanita. Keutihan bagi wanita dikatakan normal jika berwarna putih / bening. tidak berbau, dan tidak dirasakan rasa gatal ataupun nyeri pada area kewanitaan baik dalam keadaan tanpa aktivitas maupun dengan aktivitas seperti saat BAK dan lain sebagainya. Sebetulnya, dengan adanya keputihan yang normal tersebut dapat sebagai cara untuk vagina membersihkan diri secara alami. Keputihan yang berbau, berwarna kuning, berwarna kehijauan, dirasakan gatal, atau nyeri bisa terjadi akibat dari adanya infeksi dari vagina. Infeksi tersebut bisa dikarenakan oleh beberapa penyebab seperti jamur, parasit, atau karena adanya penakit menular seksual.Daun sirih dianggap cukup bermanfaat untuk menyingkirkan bakteri dan jamur, selain itu daun sirih juga mengandung anti oksidan dan anti radang. Adapun cara yang biasa digunakan adalah dengan meminum air rebusan daun sirih atau bisa juga dengan cara membasuhkan ke area kewanitaan. Walaupun banyak menfaatnya, penggunaan daun sirih yang berlebihan juga dapat menimbulkan efeksamping.

Adapun efek samping tersebut adalah:

  • Bakteri baik terganggu
  • PH alami vagina terganggu
  • Adanya reaksi alergi
  • Rasa gatal bahkan iritasi
  • Vagina menjadi kering 
Terkait dengan keluhan Anda, jika keputihan dirasakan gatal, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter sepsialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
tips kesehatankeputihanorgan intim wanita
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil