Bagaimana keputihan yang normal?

NY Info Penanya: NY, Wanita, 1 Tahun
Asalamualikum Dok saya mau tanya,saya suka keputihan,keputihan nya itu kental kaya bentuk terigu,puitih da tidak bau,itu teh berbahaya atau tidak?makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keputihan merupakan suatu kondisi keluarnya cairan atau lendir dari vagina yang fungsinya untuk membersihkan, melindungi, dan mencegah iritasi pada vagina. Kondisi ini hal yang normal dialami oleh setiap wanita.

Tanda dari keputihan yaitu berwarna putih (muncul saat awal atau akhir menstruasi), kadang berwarna bening dengan konsistensi encer, dan kadang berwarna coklat atau berdarah setelah 2-3 hari menstruasi. Jika keputihan berwarna kuning atau hijau, kental atau kadang bergumpal, dan disertai dengan bau tak sedap, maka keputihan tersebut tidak normal. Biasanya penyebabnya karena infeksi jamur dan bakteri. 

Terkait dengan gejala keputihan yang Anda alami ini, berwarna putih, kental seperti terigu, tidak berbau dan tidak gatal, maka masih merupakan hal yang normal. Bukan tanda-tanda infeksi jamur atau bakteri pada vagina. 

Untuk mencegah agar tidak terjadinya infeksi, Anda harus tetap menjaga kebersihan organ intim Anda. Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun, tidak menggunakan sabun area kewanitaan, dan mengkonsumsi probiotik seperti yogurt untuk mengurangi resiko terkena infeksi jamur.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bentuk vagina tiap wanita tidak sama

Ini Bentuk Vagina dan Anatominya, Normalkah Vagina Anda?

Perbedaan bentuk vagina adalah hal yang wajar dan tak perlu dikhawatirkan. Jangan minder jika bentuk vagina Anda terlihat berbeda dari orang lain.