Keputihan saat ovulasi, apakah saya subur?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 22 Tahun
Dok saya sudah menikah 2bulnDok kan saya punya kalender ovulasi tapi kenapa di saat hari ovulasi pertama saya datang ,saya suka keputihan seperti ampas tahu yng putih ancur . Kira" saya subur atau nomah ga dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AP,

Keputihan adalah hal yang normal dimana keputihan normal merupakan mekanisme tubuh untuk membantu membersihkan kemaluan dari sel-sel mati ataupun kotoran tertentu dengan cara mengeluarkan keputihan.

Keputihan yang tidak normal

Keputihan sendiri dikatakan tidak normal jika terdapat perubahan warna, volume, dan konsistensi baik menjadi lebih banyak, berubah warna ataupun menjadi lebih kental. Selain itu, keputihan perlu diwaspadai jika:

  • Disertai gejala tambahan seperti rasa gatal
  • Ada nyeri perut
  • Rasa perih saat buang air kecil
  • Ada bau yang khas
  • Adanya flek atau darah pada cairan keputihan

Saat ovulasi atau memasuki masa subur, bisa ditandai salah satunya dengan peningkatan produksi lendir servik hal ini yang bisa mirip dengan keputihan tetapi sebenarnya merupakan hal normal.

Apabila dirasa lendir serviks saat ovulasi lebih banyak dan disertai gejala tambahan, ada baiknya lebih menjaga kebersihan organ intim dengan membasuh menggunakan air hangat dan keringkan sampai benar-benar bersih dan sering berganti pakaian dan pakaian dalam.

Jika dirasa keputihan menggganggu juga bisa dilakukan pemeriksaan untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau

Keputihan Berwarna Hijau dan Menggumpal, Berbahayakah?

Anda harus waspada ketika mengalami keputihan berwarna hijau, apalagi juga menggumpal. Kondisi itu bisa menandakan infeksi bakteri atau penyakit menular seksual.