Ejakulasi di luar tapi telat haid, kenapa?

SC Info Penanya: SC, Wanita, 21 Tahun
Dok saya sudah telat haid 1 minggu dan keputihan Tetapi setiap berhubungan selalu keluar di luar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SC.

Terlambat haid adalah salah satu hal yang sering menjadi masalah bagi wanita. Bagi mereka yang sudah menikah dan mengharapkan kehamilan, terlambat haid bisa jadi hal yang menggembirakan. Tetapi, bagi mereka yang belum menikah atau belum merencanakan kehamilan, terlambat haid akan membuat panik, karena ada sesuatu hal yang tidak normal di dalam tubuh.

Penyebab terlambat haid di antaranya:

  • Kehamilan
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal seperti pil, suntik, atau implan
  • Sindrom Ovarian Polikistik atau PCOS
  • Gangguan tiroid
  • Berat badan yang terlalu gemuk atau kurus
  • Stres yang berlebihan
  • Pola hidup yang tidak sehat

Terkait pertanyaan Anda, ketika Anda berhubungan seks dan melakukan ejakulasi di luar, tetap ada kemungkinan kecil untuk hamil. Karena, cairan pre-ejakulasi yang keluar juga mengandung sperma walaupun jumlahnya sangat sedikit. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda melakukan testpack terlebih dahulu, ya. Jika positif, selamat. Namun jika negatif, berarti ada kemungkinan lain dan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Sebagai saran, jika Anda memang belum ingin merencanakan kehamilan, ada baiknya berdiskusi tentang pilihan kontrasepsi bersama pasangan Anda. Kontrasepsi alami seperti sanggama terputus yang Anda lakukan memang relatif lebih aman dan tidak memengaruhi hormon, tetapi efektivitasnya lebih rendah dibanding kontrasepsi buatan. Anda bisa menggunakan kondom atau kontrasepsi buatan lainnya untuk semakin mengurangi kemungkinan kehamilan.

Terima kasih, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat untuk Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi calon ibu perlu mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya

6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Ibu hamil disarankan untuk tetap rutin berolahraga. Namun sebelum melakukannya, penting bagi para calon ibu untuk mengetahui jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil di tiap trimesternya.