Keputihan berwarna putih tapi tidak berbau apakah normal?

MA Info Penanya: MA
Hallo dok nama saya suminarSaya mau tanya Saya mengalami keputihan seperti bedak terkena air ada rasa gatal tapi tidak berbau apa itu normal atau tidak dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MA,

Keputihan sebenarnya adalah gejala yang normal tetapi jika volume dan konsistensinya berubah disertai adanya gejala tambahan bisa menjadi keputihan yang tidak normal. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi parasit, penyakit menular seksual dan lainnya.

Beberapa gejala tambahan yang bisa timbul seperti rasa gatal, nyeri pada kemaluan terutama saat berhubungan atau saat buang air kecil, nyeri perut, bau khas dari keputihan dan lainnya. Keputihan sendiri bisa berubah warna seperti bening kekuningan, putih, putih kehijauan, putih bercampur darah dan lainnya.

Jika berubah warna dan lebih banyak bisa jadi ada keputihan yang tidak normal. Untuk itu perlu menjaga kebersihan organ intim dengan membersihkan menggunakan air hangat dan keringkan sampai bersih, hindari menggunakan sabun khusus, hindari penggunaan pembalut yang mengandung pewangi, hindari penggunaan pembalut lebih dari 3 jam dan perlu dilakukan pemeriksaan, hindari juga makanan yang tinggi gula ataupun alkohol yang bisa memicu keputihan.

Nantinya bisa dilkukan pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk dipastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keputihan saat hamil tua juga bisa terjadi dan bisa tergolong abnormal

Mengalami Keputihan Saat Hamil Tua, Normal atau Tidak?

Keputihan dapat terjadi saat hamil, bahkan keluar keputihan saat hamil tua bisa bertambah banyak. Tentunya hal ini seringkali agak mengkhawatirkan. Apakah kondisi keputihan saat hamil tua termasuk normal atau tidak?