Normalkah keputihan saat hamil?

SE Info Penanya: SE, Wanita, 29 Tahun
Assallamualaikum.pagi dok, dok mohon maap.sy mau tanya,skrng sy sedang hamil.usia kandungan sy skrng, 26week.dok,koq kalo setiap bangun tidur.ketika buang air kecil,sy selalu keluar keputihan spt putih telur yak dok.dr vagina? Dan sering jg keputihan di cd dok. Tp tdk berbau,apakah itu bahaya gak dok untuk sy dan kehamilan sya.terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SE,

Keputihan adalah keluarnya cairan dari dalam vagina, hal ini masih dalam batas wajar selama warnanya bening seperti putih telur mentah, tidak gatal, dan tidak berbau. Keputihan yang normal ini bisa terjadi ketika menjelang haid atau selama kehamilan.

Namun bila keputihan berubah warna menjadi kuning kehijauan, abu-abu, teras gatal, berbau busuk, berbau amis, dll maka perlu waspada karena bisa disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi menular seksual seperti klamidia, trikomoniasis, gonore, dll.

Saat ini yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Jaga kebersihan kelamin dengan baik, basuh area kelamin dari arah depan ke belakang dan selalu dilap kering.
  2. Hindari pemakaian sabun pembersih.
  3. Boleh berendam dengan air rebusan daun sirih yang sudah dicuci bersih, sehari 2 kali selama 30 menit.
  4. Perbanyak minum air putih.
  5. Hindari pemakaian celana dalam yang terlalu ketat.

Bila keluhan berlanjut, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan sekalian USG untuk melihat kondisi janin Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wasapdai vagina bau yang terjadi karena penyakit tertentu

Vagina Bau? Cermati Penyebab dan Cara Mengatasinya

Vagina bau tak sedap atau amis bisa jadi pertanda gangguan kesehatan. Karena itu, Anda perlu membekali diri dengan beberapa penyebab vagina bau dan cara mengatasinya agar organ intim tetap bersih dan sehat.