Keputihan saat hamil karena apa?

M Info Penanya: M, Wanita, 25 Tahun
Usia kahamilan saya 23minggu tapi kenapa keputihannya semakin banyak ya ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Keputihan saat hamil sebenarnya adalah gejala yang normal dimana perubahan hormon saat kehamilan bisa memicu keputihan bertambah banyak. Tetapi jika keputihan menunjukan tanda infeksi seperti adanya keputihan dengan perubahan warna dan konsistensi cairan keputihan, adanya gejala tambahan seperti nyeri perut, nyeri saat buang air kecil ataupun adanya rasa gatal dan bau khas dari kemaluan.

Jika timbul ada tanda infeksi maka perlu diwaspadai dan segera diperiksakan karena infeksi pada kemaluan yang memicu keputihan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur atau parasit. Upayakan menjaga kebersihan organ kelamin dengan membasuh menggunakan air hangat dan membersihkannya tidak dengan sabun khusus karena bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme yang memicu keputihan.

Nantinya juga bisa dilakukan pemeriksaan sampel cairan keputihan untuk memastikan penyebabnya. Nantinya penanganan akan diberikan jika disebabkan oleh jamur maka diberi antijamur, dan jika disebabkan oleh bakteri akan diberikan antibakteri atau antibiotik. Jadi segera periksakan diri pada dokter kandungan apabila keluhan masih timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melahirkan di air dapat mempercepat kelahiran, tetapi tidak lepas dari risiko-risiko tertentu

Ketahui Hal Ini Sebelum Menjalani Persalinan Water Birth

Melahirkan di air (water birth) memiliki banyak manfaat, seperti mempercepat kelahiran dan mengurangi rasa sakit. Namun, jika Anda mengalami dibetes, posisi bayi sungsang, dan infeksi sebaiknya tidak melakukan water birth.