Keputihan pekat, vagina gatal, dan apabila buang air kecil terasa perih

T Info Penanya: T, Wanita, 25 Tahun
Mlm dokSdh beberapa hari ini saya keputihan pekat. Dan di vagina saya merasa gatal dan apabila buang air kecil merasa perih. Itu apa penyababnya.. Apa dampak ny.. Dan apa solusinya ny ya dokter. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang T,

Keputihan dapat disertai beragam gejala yang menyertai seperti perubahan konsistensi cairan keputihan, perubahan warna, disertai adanya aroma khas, adanya nyeri perut, ataupun nyeri saat berkemih dimana penyebab keputihan sendiri beragam seperti:

  • Infeksi jamur ditandai keputihan berwarna putih, kental, rasa gatal, dan gejala lain
  • Infeksi bakteri ditandai dengan keputihan berwarna putih keabuan, disertai bau, dan rasa gatal serta gejala lain
  • Infeksi parasit ditandai dengan keputihan berwarna kuning kehijauan disertai gejala lain
  • Infeksi menular seksual lain

Tidak jarang juga keputihan menimbulkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih sehingga dapat timbul dua kejadian infeksi secara bersamaan yang membuat gejala bertambah. Untuk itu perlu dipastikan penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan pada dokter. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan meliputi lab darah, tes urine, pemeriksaan sampel cairan vagina, dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Penanganan nantinya akan dilakukan pemberian obat baik obat minum atau obat melalui vagina sesuai dengan penyebabnya. Selain itu juga perlu dilakukan menjaga kebersihan organ intim, hindari menggunakan sabun khusus yang dapat mengganggu kondisi normal, ganti pakaian dan pakaian dalam secara berkala, dan juga segera periksakan diri pada dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang putih dan tea trea oil diyakini dapat mengatasi infeksi bakteri vagina

7 Cara Mudah untuk Menghilangkan Keputihan Bau Amis

Keputihan bau amis menandakan ada yang tidak normal dalam tubuh Anda. Biasanya, keputihan abnormal disebabkan oleh vaginosis bakteri. 7 cara mudah ini yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keputihan bau amis.