Keputihan pasca melahirkan

YP Info Penanya: YP, Pria, 19 Tahun
Sya 7bln lalu lhrian normal dan stlah itu di kuret krna krg brsih dan di pasang iud sklian..smnjak itu sya mngalami keputihan..bagaimna solusi nya ..trimaksih ..mohon di jawab
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore bapak Y,

 

Mengenai pertanyaan bapak tentang keputihan pasca melahirkan, sebelumnya harus diperhatikan apakah keputihan tersebut berbau, terasa gatal, serta berwarna kuning kehijauan atau tidak. Jika iya, bisa mengindikasikan adanya infeksi bakteri atau jamur. Segera konsultasikan ke dokter kandungan jika terdapat gejala tersebut.

Selain itu keputihan dapat terjadi dikarenakan stres, karena saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan mengganggu keseimbangan PH vagina.

Untuk mencegah keputihan lebih lanjut, jagalah kebersihan terutama pada organ intim dan pakailah pakaian dalam dengan bahan katun yang dapat membiarkan organ reproduksi untuk “bernapas”. Hindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan karena dapat memperburuk keputihan dengan menghilangkan mikroorganisme normal pada vagina.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas adalah keputihan yang tipis dan berbau tidak sedap

Kenali Peradangan Vagina akibat Vaginosis Bakteri Ini

Vaginitis dapat terjadi pada setiap wanita dan membuat area kewanitaan Anda terasa tidak nyaman. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah vaginosis bakteri. Gejala vaginitis akibat vaginosis bakteri yang khas, yaitu keputihan yang tipis, berwarna abu-abu atau putih susu, bau menyengat yang tak sedap. Penggunaan sabun beraroma dapat meningkatkan risiko wanita terkena vanginosis bakteri hingga menyebabkan terjadinya vaginitis.