keputihan panjang seperti ingus

MO Info Penanya: MO, Wanita, 26 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, kalau saya buang air kecil atau bab saya liat keputihan saya keluar panjang seperti ingus, itu bahaya ga dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MO

Keputihan atau flour albus merupakan kondisi normal pada wanita, biasanya terjadi akibat vagina membersihkan sisa sel mati atau kuman didalam vagina. Keputihan juga umum terjadi sebelum dan setelah menstruasi, sedang hamil atau dalam pemakaian kontrasepsi IUD.

Keputihan yang berbahaya jika terjadi banyak disertai perubahan warna kuning atau hijau, terasa gatal dan panas di vagina. Kondisi tersebut dapat menjadi tanda adanya infeksi bakterial vaginosis dan infeksi penyakit menular sexual seperti klamidia, gonorhoe, sipilis, kandidiasis vagina. 

Saran saya anda untuk mencuci bersih vagina dengan air, jangan memakai celana terlalu ketat, mengganti celana dalam jika lembab, hindari aktivitas sexual beresiko berganti ganti pasangan serta  hindari pemakian sabun cebok karena dapat menghilangkan flora normal sekitar alat kelamin yang memicu pertumbuhan bakteri jahat.

Jika keluhan keputihan memberat sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (Sp.OG)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidakseimbangan hormon menjadi salah satu pemicu kandidiasis vagina

Kandidiasis Vagina Penyebab Iritasi Vagina, Benarkah Demikian?

Kandidiasis vagina adalah infeksi jamur pada vagina yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi vagina. Iritasi vagina merupakan gejala umum kandidiasis vagina. Langkah pencegahannya adalah bersihkan area genital luar secara teratur dengan air.