Keputihan pada anak, bahayakah?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 35 Tahun
Aap yang bisa dilakukan jika anak kena keputihan sampai agak kekuningan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hallo, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda,

Keputihan merupakan cairan yang bening, putih atau kekuningan yang keluar dari vagina. Keputihan ada yang berasal dari fisilogis (normal) maupun patologis (tidak normal). Keputihan normal berfungsi untuk menjaga kelembapan vagina. Keputihan yang abnormal menyebabkan tumbuhnya bakteri atau infeksi di dalam vagina. Adapun ciri- ciri keputihan normal, keputihan berwarna bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal di sekitar kulit kemaluan. Sedangkan keputihan yang abnormal biasanya keputihan berwarna hijau hingga merah, berbau dan membuat gatal disekitar kulit kemaluan.

Keputihan pada anak biasanya disebabkan oleh kurangnya kebersihan pada area vagina, mengingat area vagina dan anus pada anak cenderung lebih dekat, menyebabkan bakteri Escherichia coli (E. coli) yang berasal dari feses sampai di vagina, ditambah lagi jika cara cebok yang tidak benar. Pemilihan bahan sabun yang kurang tepat juga bisa menyebabkan iritasi di bagian vagina.

Pencegahan Keputihan pada Anak :

  • Usahakan buang air kencing dalam posisi jongkok atau lutut terbuka lebar
  • segera ganti pakaian anak anda yang basah atau sudah lembab segera agar menghindari timbulnya bakteri atau jamur
  • Gunakan pakaian yang nyaman, tidak ketat, sebaiknya bahan katun yang dapat menyerap keringat
  • Hindari penggunaan sabun yang dapat mengiritasi daerah vagina
  • Cuci secara bersih dan langsung keringkan area vagina setelah mandi ataupun setelah cebok
  • Selalu jaga kebersihan alat kelamin anak

Pengobatan Keputihan pada Anak :

  • Penggunaan obat rivanol, caranya satu tutup botol rivanol di campurkan 5 liter air, kemudian berendam 5-10 menit, silakukan selama kurang lebih satu minggu
  • Keputihan yang di sebabkan karena infeksi bakteri bisa di menggunakan terapi obat antibiotik untuk penanganan lebih lanjut, penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter
  • Jangan lupa untuk selalu memberikan edukasi cara mencebok yang benar dan selalu menjaga kebersihan area kemaluannya

Namun apabila keputihan pada anak tidak kunjung membaik, dan jika anak mengeluh merasa sakit ketika sakit buang air kecil. Waspadalah jika anak mulai sering menggaruk vaginanya. Segeralah bawa anak anda ke dokter spesialis anak.

Salam Sehat,

dr. Aisyah Nur Ramadhani

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tetanus neonatorum sering terjadi di negara berkembang akibat persalinan yang kurang steril.

Apa Saja Gejala Tetanus pada Bayi?

Tetanus pada bayi umumnya terjadi akibat proses persalinan yang kurang steril dan ibu yang tidak mendapat vaksin tetanus saat proses kehamilan. Toksin bakteri tetanus banyak ditemukan di tanah dan dapat bertahan selama kurang lebih 40 tahun. Upaya pencegahan yang disarankan adalah pemberian vaksin tetanus pertama saat bayi berusia 6 minggu. Kenali gejala-gejala tetanus sebagai antisipasi.