25 Nov 2020, 16:23Kandungan

Keputihan menggumpal

RD
Info Penanya: RD0
Dok, saya mau tanya. Tgl 5 November kmrn saya haid selama 3 hari. Kemudian berhenti minum pil KB hingga skrg. Hari ini muncul keputihan sebesar ibu jari seperti jeli, bening agak kecoklatan. Tdk disertai bau dan gatal. Tp setelah itu badan saya sakit semua (sblmnya saya memang tdk enak badan. Esoknya agak mendingan). Apa ini penyesuaian hormon krn efek berhenti KB?
436 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo RD,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Salah satu efek KB adalah gangguan hormonal. Hormon yang tidak stabil dapat mengakibatkan keputihan, rasa nyeri di payudara, keram perut, mood yang tidak stabil. Saat keputihan bercampur darah, maka keputihan ini dapat berupa cairan kecoklatan (flek coklat).

Efek berhenti minum pil KB

Efek berhenti minum pil KB antara lain :
  • Peluang untuk hamil semakin besar
Pil KB tidak mempengaruhi kesuburan, jadi saat Anda berhenti menkonsumsi pil KB, dan melakukan hubungan seksual, Anda dapat langsung hamil. Anda dapat menggunakan pengaman lain seperti kondom untuk mencegah kehamilan.
  • Berat badan (BB) yang turun
Salah satu efek pil KB adalah meningkatkan nafsu makan. Jika pil KB tidak dikonsumsi lagi, maka Anda akan mengalami penurunan nafs makan yang dapat menurunkan BB Anda.
  • Gangguan siklus mentruasi
Siklus menstruasi Anda dapat memanjang atau memendek

Penyebab keputihan

Ada beberapa penyebab keputihan, antara lain :
  • Penyakit menular seksual (PMS)
  • Keputihan karena jamur candida
  • Keputihan karena bakterial vaginosis
  • Keputihan Normal dapat disebabkan oleh ransangan seksual, kelelahan, stress
Penyebab keputihan yang Anda alami juga dapat disebabkan pengaruh hormon pasca haid. Jika keputihan ini tidak disertai nyeri perut, rasa gatal, berbau, hal ini tidak diperlukan penanganan khusus. Nmaun jika keputihan yang Anda alami disertai perdarahan yang bergumpal-gumpal, bau amis, nyeri perut, nyeri BAK, maka Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
penyakit menular seksualkeputihanflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil