10 Oct 2019, 17:57Kulit & Kelamin

Keputihan menahun timbul jerawat kecil di area vagina

R
Info Penanya: R, Wanita, 23 Tahun
sy sdh terkena keputihan 3tahun lebih, sy kira itu kanker serviks, dan hasilnya negatif, saya mulai takutan saat muncul banyak bintik putih seperti jerawat kecil di aea vagina sy, searching di google katanya infeksi ragi, sy minum ketokenazol, dalam 6 hari sy lihat menghilang, langsung demam dan sakit bagian leher sampai kepala bagian belakang sampai sekarang belum sembuh, hari terakhir darahnya berwarna hitam, tapi tdk berbau, tapi bintik putih pada vagina saya kembali lagi
34772 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang R,Penyebab bintik putih di area vagina bisa beragam dimana salah satunya memang infeksi jamur, tetapi infeksi jamur sendiri bisa tidak hanya karena satu penyebab saja, bisa juga disebabkan oleh infeksi yang lebih berat seperti infeksi jamur kandida. Untuk itu hindari mengobati diri sendiri berdasarkan informasi di google tanpa pemeriksaan dokter karena bisa menimbulkan risiko efek samping ataupun resistensi mikroorganisme terhadap obat tersebut.Penyebab lain bintik putih di vagina sendiri diantaranya adalah:
  • Infeksi jamur lain
  • Infeksi virus seperti molluscum contagiosum, herpes, atau kutil kelamin 
  • Penyakit menular seksual
  • Peradangan vagina
  • Infeksi parasit seperti trikomoniasis
  • Penyebab lainnya
Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter kulit kelamin untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Tidak jarang pengobatan yang tidak tuntas atau beberapa kasus tertentu bisa berulang atau kambuh-kambuhan. Upayakan menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim agar terhindar dari risiko penyakit yang bisa timbul, rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam, jika menstruasi upayakan mengganti pembalut tiap 3 jam, hindari membersihkan vagina menggunakan sabun pembersih khusus yang bisa menimbulkan kondisi tidak stabil dan memicu pertumbuhan mikroorganisme dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ataupun melakukan vaksinasi salah satunya vaksin untuk mencegah kanker serviks. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kelamin perempuaninfeksi jamurkandidiasis vaginavulvovaginitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil