keputihan kental pecah pecah disertai gatal

SV Info Penanya: SV, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, kenapa keputihan saya kental kadang pecah pecah terus sekarang gatal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SV

Keputihan adalah kondisi normal upaya tubuh membersihkan vagina dari sel mati dan bakteri didalamnya. Pengeluaran flek keputihan sering terjadi sebelum dan sesudah menstruasi, pasca berhubungan sexual, penggunaan kontrasepsi atau saat sedang hamil.

Keputihan yang tidak normal jika terjadi dalam jumlah banyak bergumpal, disertai gatal, warna berubah jadi kuning. Hal ini dapat menjadi tanda infeksi bakterial vaginosis atau infeksi menular seksual seperti gonorhea, klamidia, kandidiasis  vagina. 

Untuk itu saya sarankan anda untuk menjaga kebersihan vagina mencuci bersih dengan air, hindari pemakaian sabun cebok vagina karena dapat menghilangkan flora normal disekitar kelamin yang memicu tumbuhnya bakteri patogen. Selain itu juga terdapat aktivitas sexual beresiko berganti ganti pasangan sebaiknya di hindari karena memicu infeksi menular sexual.

Jika keputihan banyak anda juga harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tatalaksana yang tepat seperti pemberian antibiotik dan anti jamur. 

Saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan kebidanan (SpOG)

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada panggul merupakan salah satu gejala dari radang panggul kronis

Kenali Tanda Infeksi Radang Panggul agar Terhindar dari Komplikasi

Jika tidak ditangani, gejala yang dapat muncul pada penderita radang panggul kronis adalah nyeri panggul, abses, kehamilan ektopik, hingga masalah kesuburan.