07 Oct 2021, 17:49Kulit & Kelamin

Penyebab keputihan berwarna coklat, apakah infeksi saluran kemih ?

AN
Info Penanya: AN0
Saya perempuan umur 17 tahun, jadi dok saya haid saat tgl 28 dan saat tgl 1 saya di vaksin dosis 2, saya selesai haid(darah tidak keluar) itu tgl 4 tapi sampai sekarang masih ada kayak keputihan warna coklat, sebelum nya saya tidak pernah mengalami ini, apakah ini efek vaksin dok? Atau karna apa ya?, Saya belum pernah berhubungan seks
232 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Gangguan haid yang dialami wanita dapat dicetuskan oleh banyak faktor sehingga dapat terjadi baik pada wanita yang aktif berhubungan seksual maupun wanita belum menikah. Gangguan haid dapat berupa darah haid yang terlalu banyak, haid sedikit atau keluar darah di luar periode haid.

Apa yang menyebabkan keputihan berwarna coklat ?

Anda perempuan umur 17 tahun, haid saat tanggal 28 dan saat tanggal 1 Anda melakukan vaksinasi dosis 2. Anda selesai haid (darah tidak keluar) tanggal 4 tapi sampai sekarang masih ada kayak keputihan warna coklat. Anda belum pernah berhubungan seksual, dapat disebabkan oleh gangguan hormon akibat beberapa faktor antara lain :
  • Sisa darah menstruasi.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Radang panggul.
  • PCOS.
  • Endometriosis.
  • Hiper/hipotiroid.
  • Mioma uteri.
  • Kista ovarium.
Vaksin tidak mempengaruhi hormon maupun mencetuskan keputihan berwarna coklat. Anda harus selalu menjaga kebersihan organ intim, basuh vagina dan keringkan setelah berkemih, jalani hidup sehat, lakukan olahraga, menjaga berat badan, istirahat cukup, agar hormon di tubuh tetap stabil dan haid lancar serta keluhan membaik. Namun jika keputihan tetap terjadi terutama diikuti rasa nyeri saat berkemih, gatal, bau, periksa ke dokter kulit dan kelamin.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
keputihangangguan menstruasiflek kecoklatan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil